Tips Membuat Video Time Lapse Berkualitas


Video time lapse adalah teknik yang seringkali digunakan untuk melakukan perekaman pada perjalanan adegan ataupun perubahan di dalam objek pada rentang periode yang lebih panjang. Kemudian diubah nya menjadi video yang memiliki durasi singkat. Contoh dari video time lapse ini yaitu adanya perubahan langit yang terjadi dari pagi ke malam kemudian berganti ke pagi lagi.

Contoh Screenshot dari Video Time Lapse
Source: The_Daily_Octagon

Supaya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, maka Anda dapat menggunakan tripod untuk meletakkan kamera supaya bisa melakukan perekaman langit dari pagi berubah ke malam dan berubah ke pagi lagi. Ada beberapa orang yang salah kaprah perihal video time lapse ini karena sebagian orang menganggap harus melakukan perekaman video hingga berjam-jam. Kemudian melakukan editing untuk dipercepat.

Berikut ini Tips yang bisa dilakukan untuk membuat video time lapse berkualitas:
1.Persiapkan peralatan yang dibutuhkan
Ada banyak sekali peralatan yang dibutuhkan pada saat Anda ingin melakukan pembuatan video timelapse. Anda hanya membutuhkan kamera saja, sehingga tidak membutuhkan flash maupun lampu. Selain itu Anda juga bisa melakukan pengaturan di bagian hal yang memiliki hubungan pada shutter speed, frame rate aperture maupun yang lainnya.

2.Ambil slot sesuai rumus
Ternyata pembuatan video time lapse ini juga membutuhkan rumus matematika supaya hasil yang didapatkan lebih berkualitas. Selain itu Anda juga harus melakukan pengaturan dengan baik, yang mana untuk pengaturan tersebut bersifat otomatis yang terkadang pengguna bisa melakukan kalibrasi pada aspek-aspek pengaturan kamera. Hal ini menuntut penggunaannya untuk memberikan penilaian.

3.Perhatikan kestabilan
Anda harus bisa memastikan bahwa untuk kamera yang Anda pasang harus memiliki kestabilan. Sehingga membutuhkan peralatan yang disebut sebagai tripod. Penggunaan tripod ini akan menjaga kestabilan pada saat Ingin menambahkan motion atau gerakan di setiap video time lapse Anda. Dengan pengambilan gambar yang tidak memungkinkan, untuk kestabilan video akan tetap terjaga.
 
Masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik supaya hasil dari video timelapse Anda benar-benar berkualitas. Salah satunya yaitu memperhatikan jaringan internet selama proses pengeditan berlangsung. Disarankan bagi Anda untuk menggunakan modem Smartfren terbaru supaya kebutuhan internet dapat terpenuhi dengan sebaik mungkin.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Teknologi (20) Jalan-Jalan (17) Stories (16) opini (13) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger