Mengenal Jenis Pakaian Muslim Pria



Assalamualaikum. Selamat pagi? gimana puasanya lancar?

tidak terasa sudah masuk kembali di Bulan penuh berkah ini ya. Jangan sia-siakan kesempatan untuk memanfaatkan bulan ini untuk lebih banyak melakukan amalan-amalan shalih yang dapat memperbanyak pundi-pundi amal baik kita.

Tentu datangnya bulan penuh keberkahan ini banyak pula kegiatan yang bisa dilakukan dari rumah. Meski tidak banyak acara yang melibatkan banyak orang karena sedang ada pembatasan berkumpul dengan banyak orang namun dalam hal berpakaian tentu harus tetap nyaman dipakai dan sedap dipandang.

Nah tentunya dalam akan lebih baik lagi jika kita lebih banyak tahu tentang ragam pakaian pria yang nyaman dipakai namun tetap tidak mengurangi suasana religius di bulan ini. Sedikit referensi untuk menyegarkan ide dalam memilih gaya dan jenis pakaian muslim pria, dibawah ini ada beberapa gaya dari beberapa negara yang menurut saya cocok untuk dijadikan alternatif pilihan agar tidak monoton dalam koleksi pakaian. Semoga bermanfaat.

1. Jalabiyya
Jalabiyya
Yang pertama ada Jalabiyya yang merupakan sebuah jubah longgar yang dipakai oleh pria muslim di Mesir, meskipun ada beberapa Negara Arab lainnya yang menggunakan istilah yang sama, namun galabiyya asal Mesir memiliki keistimewaan lebih terlihat kasual sehingga cocok untuk digunakan kemana saja, kapan saja dan dimana saja, baik untuk acara formal maupun non formal.

Konon Jalabiyya merupakan busana tradisional orang Arab. Busana ini biasanya digunakan untuk pria dan juga wanita. 

Jalabiya versi wanita bisa juga dipadukan dengan jilbab dan turban, warna yang ditawarkan juga sangat cantik. Menggunakannya akan memberikan kesan sangat Arab dan Ramadan sekali. Sedangkan jalabiya pria biasanya lebih sederhana, dan datang dengan tidak banyak pilihan warna. Selain disebut sebagai jalabiya, busana jenis ini juga bernama lain thob dan dishdasha.
 
2. Jubbas

Jubbas
Yang kedua ada Jubbas adalah sebuah baju lengan panjang yang menutupi bagian tubuh hingga mata kaki, biasanya digunakan oleh pria muslim di Arab, sama halnya dengan Galabiyyas namun yang menjadi pembeda adalah istilah yang digunakan. Jubba berasal dari bahasa Turki yang berarti sepanjang mata kaki. Biasanya untuk pakaian jenis jubba tidak memiliki banyak warna dan gaya lebih cenderung polos serta didominasi oleh warna-warna netral seperti hitam, putih, dongker, abu-abu dan tidak ditemukan motif ataupun corak pada pakaian muslim ini.

3. Koko

Koko
Nah selanjutnya ada "Koko" (kesukaan saya pribadi, koleksi ada lah beberapa di gantungan saking sukanya dengan model pakaian ini) yang merupakan baju muslim pria yang paling umum di Indonesia. Baju ini terus menjadi populer hingga kini.

Nama "koko" sendiri berasal dari panggilan orang Indonesia kepada kaum pria Tionghoa yang biasa dengan sebutan engko/engkoh, yang kemudian berkembang menjadi koko. Sebutan tersebut kian melekat sehingga lebih dikenal dengan sebutan baju koko. Baju ini menjadi bukti sejarah otentik mengenai akulturasi bangsa Indonesia dengan kebudayaan Tionghoa di tanah air.

4. Thobes, Thob atau Tawb

Thobes
Thobes atau tawb juga berasal dari wilayah Timur Tengah. Baju muslim ini memiliki banyak kesamaan dengan model juuba dan galabiya, mungkin hanya masalah penamaan dan asal daerah dari pengguna pakaian ini saja.

Panjang baju ini sampai mata kaki dan menutupi seluruh bagian tubuh. Dalam hal variasi warna dan motif kain sama halnya dengan jubba dan galabiyya juga lebih terkesan netral dalam hal warna dan tidak terlalu banyak ornamen-ornamen, sehingga sangat otentik dengan karakter orang-orang dari Timur Tengah.

4. Kurta

Kurta
Pakaian model ini merupakan pakaian jenis tradisional dari Negara Pakistan, Nepal, Afganistan, India, juga Srilanka. Tetapi konon awal mulanya Kurta berasal dari Pakistan. Kurta mempunyai bentuk yang sama seperti Thob, Galabiyya, dan Jubbas, tetapi panjang bajunya tidak sampai ke mata kaki sehingga membutuhkan celana lagi.

5. Sherwani
Sherwani
Sherwani merupakan pakaian yang sebenarnya merupakan pakaian adat yang biasa digunakan oleh para bangsawan muslim dari wilayah India dan Pakistan. Sherwani merupakan pakaian khas India yang biasa digunakan oleh aristokrat, bangsawan dan keturunannya, raja, serta sultan yang merupakan lambang dari kemewahan dan strata sosial. Sherwani berkarakter dengan modelnya yang panjang hingga ke bawah lutut, dengan motifnya yang detail dan memberikan kesan yang sangat mewah.
Pakaian pria ini sangat cocok untuk dipakai dalam acara formal, seperti acara pernikahan, jamuan, dan pesta lainnya. Pakaian mewah ini di negara Indonesia sangat jarang dikenakan oleh penduduk lokal. Tapi sherwani sangat familiar dan sering dipakai oleh beberapa kalangan saja, seperti keluarga pendatang asal India dan keturunan India yang tinggal di Indonesia. Biasanya mereka menggunakan pakaian ini untuk acara keagamaan atau pesta pernikahan.

Nah itulah beberapa gaya pakaian islami dari beberapa negara yang cocok untuk dijadikan pilihan dalam berpakaian. Boleh dicoba sesuai dengan selera masing-masing, tapi saya rasa semua cocok juga, :-)
Share:

Hindari Stamina Menurun di Awal Ramadhan

Memasuki hari kedua bulan Ramadhan kali ini alhamdulillah puasa dapat dijalani dengan baik sampai waktunya berbuka tiba. Meskipun dihadapkan dengan beragam aktifitas yang hampir sama dengan hari-hari sebelumnya namun tidak ada keluhan berarti yang membuat semangat berpuasa berkurang.

Sebagian orang mengatakan bahwa terasa berat melaksanakan puasa khususnya untuk hari-hari di minggu pertama. Tidak seperti hari biasanya, stamina terasa menurun bahkan sebelum setengah hari berjalan. Sepertinya ada yang salah dengan pola menyikapi puasa, baik dalam asupan nutrisi maupun aktifitas yang dilakukan selama mengosongkan perut kurang lebih 12 jam ini.

Untuk beberapa orang apalagi dengan sifat tubuh yang berbeda-beda untuk setiap orangnya, dengan tuntutan aktifitas bekerja maupun lainnya yang berbeda pula, berpuasa memiliki ragam efek apalagi jika memang tubuh sudah terbiasa dengan jam makan dan aktifitas sehingga mempengaruhi metabolisme tubuh orang tersebut. Misalnya untuk seseorang yang rutin sarapan pagi pada jam 7 pagi namun pada bulan puasa pola makan akan bergeser beberapa jam sebelum itu.

Tentunya ini akan memiliki efek yang berbeda pada tubuh karena menjelang siang tubuh akan “menagih” asupan nutrisi kembali. Belum lagi jika kebiasaan buruk tidur kembali setelah salat Subuh dan bangun lebih siang dari biasanya.
 
Badan fit dan stamina yang tetap terjaga berpuasa di bulan Ramadhan apalagi untuk hari-hari di minggu pertama adalah keinginan setiap orang. Dengan demikian ada baiknya memperhatikan beberapa tips di bawah ini:

1. Selalu makan sahur
Sahur adalah bagian yang penting ketika kita akan melakukan puasa sehari penuh. Di waktu inilah asupan nutrisi akan dipersiapkan untuk menjamin agar stamina tetap terjaga untuk tetap dapat beraktifitas normal.

2. Asupan nutrisi penuh gizi saat sahur dan berbuka
Layaknya sebuah mesin yang memerlukan bahan bakar yang baik untuk dapat terus beroperasi, maka tubuh pun memerlukan asupan makanan dan minuman yang cukup kadar gizinya agar metabolisme tubuh berjalan normal apalagi ketika dipakai untuk bekerja. Untuk menjaga stamina selama seharian, konsumsilah makanan dan minuman yang kandungan nutrisinya cukup untuk menjamin agar badan tetap mendapatkan apa yang dibutuhkan. Makanan berserat serta minum cukup merupakan hal yang wajib dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

3. Mengkonsumsi Multivitamin (jika dibutuhkan)
Multivitamin merupakan asupan nutrisi tambahan bagi tubuh yang diharapkan mampu membantu agar tubuh tetap terjaga karena kandungan yang baik di dalamnya. Namun hal ini hanya dilakukan ketika memang tubuh dirasa memerlukan dukungan multivitamin. Hal yang harus diperhatikan adalah silakan terlebih dahulu untuk melakukan konsultasi dengan dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Kurangi aktifitas yang menguras tenaga berlebih
Jika memungkinkan, usahakan agar kita mengurangi kegiatan-kegiatan yang mengeluarkan banyak tenaga adalah hal yang dapat menjaga agar stamina terjaga. Akan tetapi jika memang diharuskan beraktifitas dengan banyak mengeluarkan tenaga dapat dipersiapkan dengan memberikan asupan nutrisi yang lebih banyak pada sahur dan berbuka.

5. Hindari beraktifitas terlalu lama di bawah terik matahari langsung
Cuaca panas akan lebih cepat menguras tenaga dibandingkan dengan cuaca dingin. Hal ini disebabkan karena tubuh beradaptasi dengan menjaga agar kulit tetap lembab sehingga mengeluarkan cairan tubuh lebih banyak sehingga pada akhirnya cairan di dalam tubuh berkurang. Jadi untuk mengurangi efek lemas tubuh akibat dehidrasi agar diusahakan untuk menghindari beraktifitas terlalu lama dibawah terik matahari langsung.

6. Beristirahat secara periodik
Menganggarkan waktu lebih banyak untuk beristirahat saat berpuasa dapat menjadi salahsatu cara agar stamina tidak cepat terkuras habis. Dengan waktu kerja yang berjeda maka waktu istirahat dapat dimanfaatkan untuk tidur selama beberapa menit dalam posisi tidur untuk selanjutkan kembali beraktifitas.

7. Hindari tidur setelah sahur
Tidur setelah sahur atau shalat Shubuh tidak dianjurkan untuk dilakukan. Alih-alih merasa segar dan fit, justru rasa letih, kepala pusing dan emosi yang kurang stabil seringkali dirasakan saat bangun. Lebih baik mencari kegiatan agar tidak tidur setelah sahur.
Itulah beberapa tips sederhana agar stamina terjaga di awal Ramadhan, semoga dapat membantu teman-teman agar senantiasa menikmati momen berpuasa dengan khusyuk sehingga mendapatkan manfaat yang sempurna tanpa khawatir akan mengganggu aktifitas sehari-hari.
Share:

Puasa dan Lupa

Puasa dan Lupa
Marhaban Yaa Ramadhan.
Selamat datang bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan bagi semua orang yang senantiasa bersyukur.

Tidak terasa rasanya baru saja kemarin berlebaran Idul Fitri 1440 H, sebelas bulan kemudian dipertemukan kembali dengan bulan penuh pahala ini, Alhamdulillah.

Gimana puasa di hari pertamanya teman-teman? Aman? Pasti aman dong ya.

Membicarakan puasa di awal-awal bulan, biasanya selalu ada kejadian-kejadian lucu yang kadang bikin senyum-senyum sendiri. Banyak kebiasaan yang harus "dipindah jadwalkan" dari jam-jam biasanya dan tentunya bagi yang belum terbiasa sekali-kali lupa bahwa hari ini sedang puasa.

Misalnya nih, karena kebiasaan pagi selalu menyeduh teh, kopi atau susu kemudian kebiasaan ini terbawa meskipun kita sedang berpuasa apalagi kalau setelah sahur dan shalat shubuh tidur kembali, pas bangun lalu mandi biasanya pergi ke dapur untuk membuat secangkir minuman hangat yang bisa bikin segar badan. Beruntung kalau misalnya sebelum sruputan pertama udah sadar, nah kalau belum, kebayang kan? Haha. Apesnya lagi akan nambah malu waktu ada anak kecil yang liat, haha.

Kebiasaan lainnya adalah ketika bangun sahur. Bagi sebagian orang (termasuk saya sendiri, :-D) bangun saat sahur merupakan hal yang lumayan berat. Apalagi ketika harus mengkonsumsi makanan berat di jam-jam tidur seperti itu. Berbeda dengan emak-emak di rumah yang sepertinya memang sudah terbiasa untuk bangun janari, saya mah seringnya bikin jengkel yang bangunin karena tidak cukup sekali. Beruntung kalau misalnya ada anggota keluarga yang membangunkan saat harus bangun sahur, nah kalau misalnya masih hidup sendiri lalu bangunnya kesiangan, gawat!.

Teman-teman ada yang punya cerita lucu ga lucu tentang puasa ? Boleh cerita di kolom komentar yak.
Share:

#DIRUMAHAJA? JALANI HIDUP APA ADANYA DAN TANPA SYARAT KETENTUAN

Diam di rumah bikin mager dan bosan? Ga juga kok. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama masa kita diharuskan untuk menghentikan banyak aktifitas yang tidak memiliki urgensi di luar rumah. Ini kan demi kebaikan kita bersama. Kita bisa jalani hidup apa adanya namun tetap seru dengan memanfaatkan momentum kebersamaan bersama keluarga. Jarang-jarang lho tersedia waktu begitu banyak. “Cuti” dari hiruk pikuk kesibukan dunia kerja tanpa syarat ketentuan yang begitu mengikat seperti di kantor. Kalau misalnya ngeyel untuk terus banyak beraktifitas di luar rumah dan tingkat kontak dengan banyak orangnya tinggi itu berbahaya. Buat kita iya orang lain juga begitu.

Meskipun tidak berangkat ke sekolah, kampus atau tempat kerja kita tidak perlu mengurangi kegiatan rutin pagi sebagaimana biasanya. Sangat keliru ketika bermalas-malasan di tempat tidur, tidak mandi dan bahkan hanya memakai pakaian seadanya. Hal buruk seperti itu rasanya akan cepat menciptakan rasa bosan dan suntuk. Tetap bangun tepat waktu, mandi dan berpakaian rapi dan bersih di pagi hari lebih banyak menciptakan efek positif lho. Mempersiapkan diri untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah. Eh kan ada juga pekerjaan kantor yang bisa dilakukan meski kita tak pergi ke kantor, ngantor di rumah gitu, eh WFH mode on kan ya.

Bagi para pelajar dan mahasiswa, pembelajaran dalam jaringan (daring) tentu sudah diterapkan semenjak sekolah dan kampus diliburkan. Mengatur waktu dengan tugas rumah dengan lebih baik tentu akan membuat hari-hari tetap menyenangkan.

Banyak hal-hal mengasyikan yang bisa dilakukan selama masa “isolasi lokal” ini. Ga masalah apakah tempat tinggalnya itu di kota-kota besar atau di pelosok daerah sekalipun.

Contohnya saya sendiri, bertempat tinggal jauh di pelosok daerah. Tidak akrab dengan hingar bingar perkotaan. Hutan, sawah, kebun dan sungai menjadi pemandangan keseharian. Selain memberikan materi pembelajaran jarak jauh untuk anak-anak dari rumah. Sisanya bisa dimanfaatkan untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah yang biasa tidak sempat untuk membantu.

Melakukan banyak bimbingan kepada anak di rumah lebih dari biasanya. Apalagi si kecil sedang dalam masa ingin tahu segalanya. Wah mesti cari tahu lebih banyak tentang parenting yang baik.
Lebih banyak waktu dengan keluarga dan si kecil
Untuk hobi sendiri, tentu tidak terlewatkan. Hanya sebagian hobi dihentikan karena memerlukan kontak fisik dengan banyak orang. Sepakbola dan bola voli tidak saya lakukan dalam masa ini.

Blogging adalah salahsatu hobi yang menyenangkan. Mencari ide dan gagasan untuk mendapatkan bahan menulis dengan membaca banyak tulisan-tulisan menarik di blog-blog keceh.

Membuka referensi di sudut-sudut perpustakaan online. Selanjutnya menuangkan isi kepala atau pun hanya sekedar curhat tentang keseharian di blog pribadi untuk dibagikan dengan banyak orang.

Bermain game offline maupun online? bolehlah. Selama tidak terlalu banyak waktu yang dibuang. Terlebih lagi saat ini banyak game online yang dibuat untuk dapat dimainkan secara bersama-sama.

Membaca buku masuk di aktifitas yang menyenangkan. Seperti pepatah lama yang mengatakan bahwa “Buku adalah gudangnya ilmu, membaca adalah kuncinya”. Zaman serba canggih serta tersedianya akses jaringan internet yang bagus membuat yang memiliki hobi membaca buku tak perlu merasa khawatir dengan kekurangan bahan bacaan.

Teman-teman bisa menambah koleksi buku dengan memesan dan membeli buku secara online. Bisa juga searching di banyak situs penyedia e-book gratis, banyak kok.
Kalau masih membutuhkan banyak bacaan, manfaatkan koneksi internet untuk mendownload e-book
Eh iya, ada juga yang memanfaatkan waktu di rumah saja bergelut dengan tanah dan tanaman di pekarangan rumah. Selain bermanfaat untuk memperindah halaman rumah, tentu akan lebih menguntungkan secara ekonomis jika menanam banyak tanaman sayuran yang biasa digunakan untuk memasak. Banyak tanaman yang bisa ditanam dan dipanen dalam jangka waktu pendek. Emak-emak pasti suka yang beginian.

Ngeblog sudah, gaming udah, baca buku juga, ngebon iya. Apa lagi ya?

Nah, hampir lupa. Mencoba fotografi juga layak dicoba. Hobi cekrak cekrek bisa saja menjadi hobi yang sudah lama digeluti kemudian terabaikan atau memang newbie. Menjajal dunia fotografi itu menyenangkan. Tidak perlu menggunakan kamera super mahal, gawai yang sudah dimiliki sudah cukup untuk belajar fotografi. Maksimalkan saja yang ada. Hasilnya, jangan dinikmati sendiri, bagikan dengan teman-teman lewat social media.
Asyik mengasah kecakapan fotografi
Kalau mau lebih menarik, gunakan aplikasi editing foto tambahan. Mau lebih menarik lagi? Ikuti kelas online fotografi. Mudah kan?.

Ada hal yang sangat penting dari semua aktifitas selama “dirumahkan”. Coba tebak apa?

Ya! Internet!

Meskipun banyak kegiatan yang dilakukan di rumah tentu tak akan banyak masalah selama jaringan internet cepat, stabil dan kuat. Apalagi untuk wilayah yang termasuk pelosok daerah seperti tempat tinggal saya tentu mesti pintar-pintar memilih jaringan yang dapat diandalkan dalam situasi seperti sekarang ini.
Kalau internetnya wush wush wushhhh mah segalanya jadi gampang.

Ngeblog jadi menyenangkan karena tidak terhambat sulitnya koneksi

Baca buku jadi asyik karena bisa cari banyak e-book

Gaming apalagi, download aplikasi game offline atau online lebih jos gandosssss!

Berkebun, dikira internet tak berguna? Tidak begitu tuaaan. Kan bisa belajar bertanam lewat artikel-artikel pertanian, dari yang konvensional hingga modern. Dari tanah hingga hidroponik. Mau tutorial tulisan atau video, gampang aja kalau internetnya stabil dan cepat.

Saya pakai jaringan selular handal berbendera kuning. Dari dulu setia dengan penyedia layanan satu ini karena fitur-fiturnya yang selalu berani menyesuaikan dengan kebutuhan customernya.

Apalagi sekarang ini, banyak sekali hal menarik disuguhkan IM3 Ooredoo. Banyak pilihan sesuai dengan apa yang diinginkan generasi milenial. Atau seenggaknya yang ga muda lagi tapi tetap millenial, ups :-D .

Penggunaan gawai yang nyaman perlu didukung dengan kecepatan internet maksimal. Streaming movies, sport, online learning tanpa perlu khawatir boros di ongkos. Apalagi dengan adanya aplikasi MyIM3 yang memberikan akses lebih mudah untuk segala kebutuhan informasi tentang status, paket dan banyak pilihan keuntungan lainnya.

Seringkali saya memberikan referensi kepada banyak teman yang menanyakan tentang memilih layanan jaringan seluler yang menyediakan akses terbaik.

Dengan jaringan IM3 Ooredoo, kita bisa bergaya sesuai dengan style masing-masing tanpa “pencitraan palsu”. Kita asyik terus untuk menjalani hidup apa adanya sambil terus fokus berkarya sesuai passion masing-masing. Menikmati kebebasan #TanpaSyaratKetentuan mengekspresikan diri tanpa kepura-puraan dengan dukungan @IM3Ooredoo. Makanya makin lama makin betah pake IM3 Ooredoo. Semua ada disini.

Kurang apa coba? All about perfect!

Kalau masih penasaran, cek aja video yang satu ini:


Tidak hanya itu, IM3 Ooredoo bahkan melengkapi kebebasan berekspresi dengan menghadirkan lini produk telekomunikasi yang simple, bebas syarat ketentuan seperti Freedom Internet. Mau yang lebih bersahabat hemat? Ada juga tuh Paket Yellow, suka-suka pilih paket sesuai isi kantong. Enak kan?

Intinya sih kalau pilih layanan penyedia jaringan selular jangan tanggung-tanggung. Banyak produk yang bisa dipilih, simple tanpa ribet ini itu, bebas syarat ketentuan ga pake modus embel-embel yang bikin jengkel dan tentunya bersahabat di kantong meski pemasukan lagi terganggu karena situasi kita sekarang ini.

Mari jalani hidup apa adanya, sesimple itu kok!
Share:

Mata Sehat Meski Sering Menggunakan Komputer

Beberapa tahun belakangan ini sudah banyak perubahan cara kerja di beberapa sektor pekerjaan dan hobi. Tidak hanya bagi kehidupan di kota namun di pelosok-pelosok daerah sudah mulai akrab dengan kecanggihan komputer mulai dari perangkat komunikasi seperti smartphone maupun perangkat penunjang seperti desktop dan laptop.

Dengan beragam durasi penggunaan tentu akan ada efek yang berakibat pada indera penglihatan. Semakin banyak waktu yang dihabiskan mata untuk fokus pada layar komputer semakin besar pula kemungkinan efek mata mengalami kerusakan atau minimal berkurangnya tingkat ketajaman penglihatan. Apalagi jika dalam penggunaannya tidak memperhatikan unsur batas keamanan dan kenyamanan mata itu sendiri.
Efek pada mata dari penggunaan komputer yang terlalu lama diantaranya adalah mata perih, berair, merah dan pandangan seringkali kabur (mengarah ke minus).

Sebenarnya ga mau sih menggunakan laptop atau smartphone berlama-lama, tapi apa daya karena tuntutan pekerjaan yang selalu berhubungan dengan komputer jadi sulit untuk menghindarinya. 

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara agar mata sehat meski sering menggunakan komputer risiko kerusakan mata akibat pemakaian komputer dapat diminimalisir, diantaranya:

Pencahayaan yang Tepat
Pencahayaan yang Tepat
Kerusakan mata biasanya disebabkan salahsatunya oleh keberadaan cahaya yang berlebihan baik dari sinar matahari di luar ruangan yang masuk melalui jendela atau dari pencahayaan dalam ruangan yang terlalu banyak dan kuat. Jika memungkinkan, posisikan komputer dalam letak yang sama dari arah datangnya cahaya misalnya disamping jendela atau lampu penerangan yang diposisikan dari sudut atas samping.

Kedipan Mata Lebih Sering
Untuk mengurangi risiko mata perih karena kering selama menggunakan komputer, cobalah untuk memperbanyak kedipan untuk memastikan mata tetap basah dan lembab. Biasanya karena fokus terhadap objek dalam layar menjadikan kita orang akan  kurang berkedip. Padahal air mata katanya akan  menguap lebih cepat selama kita tidak berkedip.

Olahraga Mata
Mengubah pandangan ke objek yang jauh biasanya dapat melemaskan otot fokus dalam mata untuk mengurangi kelelahan mata. Untuk mengurangi resiko kerusakan karena selalu fokus pada objek dekat pada waktu yang lama jauhkan pandangan setiap 20 menit sekali dan tatap sebuah objek yang jauh (setidaknya 20 kaki = 6 meter ) minimal selama 20 detik. Atau bisa juga melakukan gerakan-gerakan mudah seperti gambar di atas setiap satu jam sekali jeda untuk melemaskan otot-otot mata agar tidak tegang. Lets try!

Spesifikasi Monitor Komputer
Biasanya layar LCD terasa baik bagi mata, entah apa sebabnya namun jika dibandingkan memang berbeda dengan layar tabung. Hal lain yang boleh dicoba adalah mengganti layar komputer dengan ukuran yang besar agar lebih nyaman dipakai.

Pengaturan Tampilan Komputer 
Pengaturan Tampilan Komputer
Ada beberapa pengaturan yang dapat meminimalisir efek buruk pada penglihatan ketika penggunaan komputer, diantarnya adalah menyesuaikan kecerahan layar, ukuran teks dan kontras serta menghindari komposisi warna yang mencolok yang dapat memberikan efek silau pada mata.  

Konsumsi Makanan Tinggi Vit. A
Konsumsi Makanan Tinggi Vit. A
Selain beberapa hal diatas yang harus diperhatikan juga adalah faktor nutrisi untuk mata yang biasanya mengandung vitamin A yang baik untuk mata diantaranya: bayam, pepaya, labu, jeruk, tomat, wortel dan tentu banyak lagi yang lainnya.
Share:

Tips Membuat Video Time Lapse Berkualitas


Video time lapse adalah teknik yang seringkali digunakan untuk melakukan perekaman pada perjalanan adegan ataupun perubahan di dalam objek pada rentang periode yang lebih panjang. Kemudian diubah nya menjadi video yang memiliki durasi singkat. Contoh dari video time lapse ini yaitu adanya perubahan langit yang terjadi dari pagi ke malam kemudian berganti ke pagi lagi.

Contoh Screenshot dari Video Time Lapse
Source: The_Daily_Octagon

Supaya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, maka Anda dapat menggunakan tripod untuk meletakkan kamera supaya bisa melakukan perekaman langit dari pagi berubah ke malam dan berubah ke pagi lagi. Ada beberapa orang yang salah kaprah perihal video time lapse ini karena sebagian orang menganggap harus melakukan perekaman video hingga berjam-jam. Kemudian melakukan editing untuk dipercepat.

Berikut ini Tips yang bisa dilakukan untuk membuat video time lapse berkualitas:
1.Persiapkan peralatan yang dibutuhkan
Ada banyak sekali peralatan yang dibutuhkan pada saat Anda ingin melakukan pembuatan video timelapse. Anda hanya membutuhkan kamera saja, sehingga tidak membutuhkan flash maupun lampu. Selain itu Anda juga bisa melakukan pengaturan di bagian hal yang memiliki hubungan pada shutter speed, frame rate aperture maupun yang lainnya.

2.Ambil slot sesuai rumus
Ternyata pembuatan video time lapse ini juga membutuhkan rumus matematika supaya hasil yang didapatkan lebih berkualitas. Selain itu Anda juga harus melakukan pengaturan dengan baik, yang mana untuk pengaturan tersebut bersifat otomatis yang terkadang pengguna bisa melakukan kalibrasi pada aspek-aspek pengaturan kamera. Hal ini menuntut penggunaannya untuk memberikan penilaian.

3.Perhatikan kestabilan
Anda harus bisa memastikan bahwa untuk kamera yang Anda pasang harus memiliki kestabilan. Sehingga membutuhkan peralatan yang disebut sebagai tripod. Penggunaan tripod ini akan menjaga kestabilan pada saat Ingin menambahkan motion atau gerakan di setiap video time lapse Anda. Dengan pengambilan gambar yang tidak memungkinkan, untuk kestabilan video akan tetap terjaga.
 
Masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik supaya hasil dari video timelapse Anda benar-benar berkualitas. Salah satunya yaitu memperhatikan jaringan internet selama proses pengeditan berlangsung. Disarankan bagi Anda untuk menggunakan modem Smartfren terbaru supaya kebutuhan internet dapat terpenuhi dengan sebaik mungkin.
Share:

Cara Mengatasi “Windows was unable to complete the format”

Cara Mengatasi “Windows was unable to complete the format”
Masalah ini pernah saya alami sendiri saat melakukan format pada sebuah perangkat. Perangkat tidak bisa diformat dan kemudian muncul pesan kesalahan “Windows was unable to complete the format” atau kalau kita terjemahkan kurang lebih maksudnya adalah “Windows tidak dapat menyelesaikan format”.

Kenapa ya bisa kaya gini?

Ternyata bisa terjadi pada perangkat berjenis storage device seperti pada kartu SD, harddisk eksternal, USB flashdisk, SSD dan CD / DVD.

Tapi sebetulnya tak perlu khawatir, ada cara untuk memperbaiki kesalahan tersebut bisa dilakukan menggunakan tool Windows bernama Disk Management.

Nah, apa penyebab windows tidak dapat menyelesaikan format?

Penyebabnya adalah perangkat itu sendiri yang bermasalah seperti rusak, mengalami bad sector, terinfeksi oleh virus yang tidak diketahui, dan lain sebagainya sehingga Windows tidak mengizinkan memformat sebuah perangkat.

Berikut adalah langkah-langkah mengatasi “Windows was unable to complete the format”. Silahkan disimak ya.

Tekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk menjalankan RUN

Setelah terbuka masukan perintah “diskmgmt.msc“lalu tekan enter

Sekarang temukan drive : Micro SD, USB atau flashdisk yang tidak bisa teman-teman format, kemudian klik kanan dan pilih”Format”.

Jika ada partisi di drive, hapus semuanya,agar menjadi satu volume saja.

Untuk sistem file bisa NTFS / FAT32 jika perangkat lebih besar dari 4GB.
Share:

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Teknologi (20) Jalan-Jalan (17) Stories (16) opini (13) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger