Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi
Selamat malam Ayah Bunda.

Memiliki bayi adalah anugrah yang sangat luar biasa bagi semua keluarga. Entah itu anak pertama atau untuk kesekian jumlahnya, setiap momen merawat bayi menjadi saat-saat yang menakjubkan bagi kedua orangtuanya. 

Selalu ada hal baru yang ditemukan, entah itu dalam pengalaman memberikan pendidikan atau dalam hal kesehatan si bayi apalagi untuk rentang waktu balita. 

Khusus untuk kesehatan, usia balita merupakan usia paling rentan dengan terkena penyakit yang disebabkan oleh lingkungan sekitar.

Sistem daya tahan bayi belum terbentuk dengan sempurna, sehingga mudah terkena penyakit seperti pilek. Bagi orang tua, melihat bayi yang sakit pilek pasti merasa khawatir. Apalagi jika bayi Ayah dan Bunda mengalami hidung tersumbat sehingga kesulitan bernapas dan rewel, Anda pasti juga ikut merasa tidak nyaman. Pada saat seperti inilah, Ayah dan Bunda harus tetap tenang dan tidak panik.

Seperti yang Ayah dan Bunda tahu, penggunaan obat pada bayi tidak boleh sembarangan. Sebelum Ayah dan Bunda memutuskan untuk memberikan obat hidung mampet dan hidung meler bagi bayi, Ayah dan Bunda bisa melakukan hal-hal berikut ini di rumah untuk meredakan hidung tersumbat pada bayi.
Penanganan Hidung Tersumbat pada Bayi
Membuat bayi merasa nyaman dan segera mendapat perawatan adalah prioritas pertama. Untuk itu, Ayah dan Bunda dapat melakukan hal-hal ini di rumah:
1. Untuk keluarga yang berada di daerah perkotaan, biasanya rumah dilengkapi dengan air conditioner. Hindari ruangan dengan air conditioner untuk mengurangi kemungkinan hidung tersumbat. Bayi butuh udara lembab dan hangat untuk menjaga kenyamanannya.
2. Berikan ASI eksklusif agar kekebalan tubuh bayi dapat meningkat. Dengan menyusui, antibodi dalam tubuh ibu akan diturunkan ke anak.
3. Hirup udara lembab untuk melancarkan pernapasannya. Ayah dan Bunda dapat mengajak bayi untuk berendam di air hangat atau gunakan alat pelembab ruangan.
4. Redakan hidung yang tersumbat dengan menggunakan aspirator hidung atau semprotan hidung yang mengandung garam.
5. Usahakan agar bayi mendapat istirahat yang cukup dan tanpa gangguan. Buat ruangan yang digunakan si buah hati menjadi senyaman mungkin.
6. Jika pilek tidak kunjung reda atau lebih dari lima sampai tujuh hari, maka kunjungi dokter untuk memperoleh obat pilek resep dokter.
 
Gejala Lain yang Mungkin Muncul
Biasanya, demam akan muncul bersamaan dengan pilek. Ayah dan Bunda bisa melakukan penanganan sederhana di rumah dengan cara memandikan bayi dengan air hangat. Setelah itu, pakaikan baju dengan bahan tipis yang nyaman dan hindari menggunakan pakaian tebal dan berlapis. Ukur suhu tubuh bayi secara berkala. Jika suhu tubuh bayi tidak segera menurun atau mencapai lebih dari 38 derajat Celcius, maka lebih baik segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Semoga bermanfaat ya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Teknologi (20) Jalan-Jalan (17) Stories (16) opini (13) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger