Cara Lapor Pajak Online

Pajak adalah sesuatu yang memang harus dan wajib untuk dibayar oleh seluruh masyarakat Indonesia yang teah bekerja. Pajak memiliki begitu banyak macam tergantung apa yang dimiliki oleh seseorang. Misalnya saja pajak pendapatan yang memiliki pendapatan berbeda tentu akan memiliki tagihan pajak yang berbeda pula.

Pajak adalah salah satu kewajiban yang harus dibayar oleh seseorang untuk kepentingan seluruh masayarakat termasuk dirinya sendiri. untuk itu, pajak seharusnya dibayarkan secara tepat waktu. Namun, karena kesibukan kita, kita sering lupa untuk melaporkan pajak kita.
Untuk itu, pihak perpajakan telah memberikan kemudahan untuk dapat melaporkan pajak secara online. Bagi anda yang memiliki kesibukan terlalu padat dan tidak memungkinkan bagi anda untuk datang langsung ke kantor layanan pajak anda bisa memanfaatkan layanan E-filing.
Apa itu E-filing
Anda tentu sudah sering mendengar istilah E-filing bukan? E-filing atau lapor pajak online merupakan penyampaian SPT (Surat Pemberitahuan) melalui saluran pelaporan pajak elektronik yang ditetapkan oleh DJP (Direktorat Jenderal Pajak) pada Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-03/PJ/2015.
Layanan ini memungkinkan anda untuk melaporkan pajak tahunan anda melalui saluran internet atau online meskipun anda sangat sibuk. Hal ini tentu akan memudahkan dan membantu setiap wajib pajak untuk tidak mengalami keterlambatan.

Cara lapor pajak online

Selanjutnya, setelah anda mengetahui mengenai adanya E-filing yang sangat berguna bagi pelaporan pajak anda, selanjutnya adalah bagaimana cara lapor pajak online. Caranya tentu saja dengan memanfaatkan adanya layanan E-filing. Berikut adalah langkah – langkah dalam mengunakan E-filing:

Buat EFIN Terlebih Dahulu
Pertama yang harus dibuat adalah EFIN yang merupakan nomor identitas unik yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. EFIN yang diberikan kepada setiap wajib pajak digunakan untuk melakukan transaksi elektronik dengan DJP, seperti lapor SPT online dan pembuatan kode billing untuk pembayaran pajak.
Anda harus datang secra langsung ke kantor pajak untuk membuat EFIn tersebut. Karena pada website pajak online anda hanya bisa mengunduh formulirnya. Untuk pengisiannya anda harus mengisinya kemudian menyerahkannya kembali ke kantor pajak terdekat untuk mendapatkan EFIN.

Cara E-filing Pajak Gratis di OnlinePajak
Selanjutnya, langkah dalam cara lapor panjak online adalah dengan menggunakan E-filing. Berikut adalah Langkah-langkah eFiling 1 klik di OnlinePajak yang harus anda perhatikan:
1. Pertama, untuk daftar E-filing pajak OnlinePajak dengan gratis, kemudian anda bisa masuk pada  fitur “eFiling CSV” untuk unggah CSV.
2. Selanjutnya, buatlah ID Billing dan setor pajak online 1 klik dengan PajakPay, pada fitur pembayaran pajak online dari OnlinePajak yang telah terdaftar di Bank Indonesia dan telah bekerja sama dengan Bank Persepsi terpercaya.
3. Setelah penyetoran berhasil dilakukan, Anda akan kemudian akan  menerima BPN (Bukti Penerimaan Negara) yang sah dari negara.selanjutnya klik “Lapor” pada menu “eFiling CSV”. Anda juga bisa menekan “Lapor” pada menu “PPh 21” atau “PPN”.
4. Selanjutnya,  terima bukti pelaporan pajak Anda (BPE/NTTE) yang sah dari DJP. Yang perlu anda ingat adalah bahwa tanggal pada BPE Anda adalah tanggal saat Anda klik tombol “Lapor”.
Demikian adalah penjelasan mengenai cara membayar pajak secara online atau melalui e-filing. Cara lapor pajak online memang lebih mudah dan sangat membantu bagi orang – orang yang memiliki kesibukan dan tidak memiliki waktu untuk mengurus perpajak secara langsung. Namun yang perlu diingat adalah meskipun dengan sistem online, anda tetap harus datang ke kantor pajak untuk beberapa prosedur.
Share:

1 komentar:

  1. sudah beberapa tahun lapor pajak secara online mudah no ribet. Dan paperless, so keren ut lingkungan

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (17) Stories (16) opini (14) Teknologi (13) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger