Yuk Kenali Penyakit Muntaber Yang Sering Datang Menghampiri Si Kecil

Memiliki keluarga kecil menjadi kelas yang tidak memiliki pembatas waktu bagi setiap orangtua. Apalagi untuk ayah muda seperti saya. Memiliki anak pertama di tahun kedua pernikahan menuntut kami untuk belajar lebih cepat tentang parenting. Pendidikan dan kesehatan menjadi hal yang banyak kami dapatkan dari orangtua dan anggota lain di keluarga besar kami.
Kesehatan menjadi hal yang paling menjadi perhatian bagi balita kami
Sumber : Dokumen pribadi
Untuk kesehatan si kecil sendiri, seringkali kami meminta saran dari banyak pihak untuk kemudian mempertimbangkan yang terbaik. Seperti halnya suatu waktu si kecil yang masih dalam usia batita mengalami gejala muntaber. Karena baru pertama kali mengalami hal ini, kepanikan pun muncul dirasakan kami sebagai ayah dan ibunya. Macam referensi pengobatan pun kami cari mulai dari bertanya pada keluarga hingga konsultasi ke dokter setempat. Termasuk sebelumnya browsing di internet untuk mengetahui lebih banyak tentang hal ini.

Obat muntaber pada bayi, biasanya akan diberikan saat penyakit ini menyerang sang buah hati. Namun, tetap konsultasikan kepada dokter ahli untuk penggunaan obat yang akan diberikan. Gejala muntaber ini ditandai dengan muntah selama 1 hingga 2 hari yang dibarengi diare hampir selama 7 hari. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti makanan ataupun minuman, serta kemungkinan virus yang hinggap.
 
Guesehat adalah salah satu blog kesehatan terpercaya bagi solusi kesehatan keluarga. Platform ini menyediakan wadah soal keluhan penyakit yang sering dialami. Kita dapat mengambil info tentang muntaber ini pada situs tersebut. Menariknya kita juga akan mendapatkan informasi kesehatan secara lengkap  yang bisa diterapkan secara praktis. 

Kasus muntaber pada bayi juga ditandai dengan feses yang tak berbentuk dan encer. Bayi akan sering rewel dan kelelahan, ini terjadi karena bayi lebih mudah mengalami dehidrasi saat muntaber terjadi. Sebagai pertolongan pertama, selalu baringkan anak di kasur dengan posisi telentang. Hal ini dapat menurunkan resiko terjadinya SIDS. Seperti diketahui Sudden Infant Death Syndrom (SIDS) adalah kematian mendadak pada bayi sehat berusia di bawah 1 tahun tanpa ada gejala apapun sebelumnya. Memprihatinkan bukan?.

Adapun tanda-tanda dehidrasi adalah sebagai  berikut:
1. Kedua mata bayi terlihat sayu, dan redup
2. Ubun-ubun bayi akan terlihat lebih cekung
3. Saat menangis tak ada air mata yang keluar
4. Mulut kering
5. Jarang ngompol, serta warna urine berwarna kuning gelap
Jika tanda tersebut mulai muncul, ia membutuhkan lebih banyak asupan cairan. Segera dan terus berikan ASI jika bayi masih menyusu atau kita dapat memberikan cairan lain yang dapat dibeli dari apotek dan resep dokter. Perlu diperhatikan, selalu patuhi petunjuk penggunaan.

Hindari memberikan bayi obat anti diare tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter. Karena hal ini akan sangat berbahaya. Cek berkala keadaan bayi. Segera cari bantuan medis jika terjadi tanda-tanda lanjutan seperti dibawah ini.
1. Suhu tubuh bayi tinggi
2. Feses yang disertai lendir dan darah
3. Bayi terlihat kurang merespon
4. Muntahan bayi berwarna hijau serta muntah lebih dari sehari
5. Rewel karena nyeri perut akut
Penanganan yang tepat akan menurunkan resiko penyakit lebih parah. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan keluarga, ya.
Share:

1 komentar:

  1. Ini termasuk penyakit yang sangat mengkhawatirkan jika sampe meyerang anak kita. Mereka bisa langsung lemas karena kekurangan cairan

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (17) Stories (16) opini (14) Teknologi (13) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger