Mata Sehat Meski Sering Menggunakan Komputer

Mata Sehat Meski Sering Menggunakan Komputer
Beberapa tahun belakangan ini sudah banyak perubahan cara kerja di beberapa sektor pekerjaan dan hobi. Tidak hanya bagi kehidupan di kota namun di pelosok-pelosok daerah sudah mulai akrab dengan kecanggihan komputer mulai dari perangkat komunikasi seperti smartphone maupun perangkat penunjang seperti desktop dan laptop.

Dengan beragam durasi penggunaan tentu akan ada efek yang berakibat pada indera penglihatan. Semakin banyak waktu yang dihabiskan mata untuk fokus pada layar komputer semakin besar pula kemungkinan efek mata mengalami kerusakan atau minimal berkurangnya tingkat ketajaman penglihatan. Apalagi jika dalam penggunaannya tidak memperhatikan unsur batas keamanan dan kenyamanan mata itu sendiri.
Efek pada mata dari penggunaan komputer yang terlalu lama diantaranya adalah mata perih, berair, merah dan pandangan seringkali kabur (mengarah ke minus).

Sebenarnya ga mau sih menggunakan laptop atau smartphone berlama-lama, tapi apa daya karena tuntutan pekerjaan yang selalu berhubungan dengan komputer jadi sulit untuk menghindarinya. 

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara agar mata sehat meski sering menggunakan komputer risiko kerusakan mata akibat pemakaian komputer dapat diminimalisir, diantaranya:

Pencahayaan yang Tepat
Pencahayaan yang Tepat
 Kerusakan mata biasanya disebabkan salahsatunya oleh keberadaan cahaya yang berlebihan baik dari sinar matahari di luar ruangan yang masuk melalui jendela atau dari pencahayaan dalam ruangan yang terlalu banyak dan kuat. Jika memungkinkan, posisikan komputer dalam letak yang sama dari arah datangnya cahaya misalnya disamping jendela atau lampu penerangan yang diposisikan dari sudut atas samping.

Kedipan Mata Lebih Sering
Untuk mengurangi risiko mata perih karena kering selama menggunakan komputer, cobalah untuk memperbanyak kedipan untuk memastikan mata tetap basah dan lembab. Biasanya karena fokus terhadap objek dalam layar menjadikan kita orang akan  kurang berkedip. Padahal air mata katanya akan  menguap lebih cepat selama kita tidak berkedip.

Olahraga Mata
Mengubah pandangan ke objek yang jauh biasanya dapat melemaskan otot fokus dalam mata untuk mengurangi kelelahan mata. Untuk mengurangi resiko kerusakan karena selalu fokus pada objek dekat pada waktu yang lama jauhkan pandangan setiap 20 menit sekali dan tatap sebuah objek yang jauh (setidaknya 20 kaki = 6 meter ) minimal selama 20 detik. Atau bisa juga melakukan gerakan-gerakan mudah seperti gambar di atas setiap satu jam sekali jeda untuk melemaskan otot-otot mata agar tidak tegang. Lets try!

Spesifikasi Monitor Komputer
Biasanya layar LCD terasa baik bagi mata, entah apa sebabnya namun jika dibandingkan memang berbeda dengan layar tabung. Hal lain yang boleh dicoba adalah mengganti layar komputer dengan ukuran yang besar agar lebih nyaman dipakai.

Pengaturan Tampilan Komputer 
Pengaturan Tampilan Komputer
Ada beberapa pengaturan yang dapat meminimalisir efek buruk pada penglihatan ketika penggunaan komputer, diantarnya adalah menyesuaikan kecerahan layar, ukuran teks dan kontras serta menghindari komposisi warna yang mencolok yang dapat memberikan efek silau pada mata.  

Konsumsi Makanan Tinggi Vit. A
Konsumsi Makanan Tinggi Vit. A
Selain beberapa hal diatas yang harus diperhatikan juga adalah faktor nutrisi untuk mata yang biasanya mengandung vitamin A yang baik untuk mata diantaranya: bayam, pepaya, labu, jeruk, tomat, wortel dan tentu banyak lagi yang lainnya.
Share:

2 komentar:

  1. Saya bangets ini..keseringan terpapar layar jadi mata kadang terasa enggak nyaman.
    Terima kasih tipsnya..Bermanfaat sekali:)

    BalasHapus
  2. Untuk yang duduk di depan komputer/laptop belasan jam sehari (meski ada jeda beberapa jam), tips ini sangat berguna hahaha. Mata saya sudah minus dua (kanan) hiks.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (14) opini (14) Stories (13) edukasi (12) Teknologi (10) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger