5 Cara Menaikkan Berat Badan Anak

5 Cara Menaikkan Berat Badan Anak
Pagi temans dan ayah bunda... kali ini ijinkan saya untuk sedikit mengulas tentang berat badan anak, lebih spesifiknya lagi adalah tentang masalah berat badan anak yang dianggap tidak sesuai dengan usianya.
Tidak sedikit orangtua memiliki perasaan khawatir yang luar biasa ketika anaknya terlihat sangat kurus, hal ini pastinya akan membuat setiap orang tua merasa khawatir, terlebih lagi jika kedua orangtuanya memiliki tubuh yang tergolong subur. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan anak terlalu kurus misalnya seperti karena alasan turunan/ bawaan genetic, atau juga karena nafsu makan anak itu sendiri. Namun seorang profesor pediatri mengatakan jika berat badan anak itu dinamis, dan bisa berubah seiring dengan tumbuh kembangnya. 
Anak kurang nafsu makan
Source: www.parentingclub.co.id

Kekurangan berat badan anak bisa disebabkan karena kurang baiknya nafsu makan anak, tetapi meski begitu orang tua tidak boleh memaksakan anak untuk makan lebih banyak atau diluar kemampuan anak didalam mengkonsumsi makanan. Sebelum memutuskan untuk memberikan nutrisi tambahan pada sang anak maka ada baiknya mengkonsultasikan hal tersebut dengan bidan atau dokter anak. Nantinya mereka akan menghitung indeks massa tubuh sang anak sehingga akan diketahuinya apakah berat badannya seimbang atau terlalu kurus.

Massa index anak
Source: hellosehat.com
Jika sang anak telah dinyatakan terlalu kurus untuk anak seusianya maka bisa dimulainya program penambahan nutrisi sebagai cara membuat anak naik berat badannya. 

Berikut 5 cara menaikkan berat badan anak diantaranya yaitu :

1. Makan Secara Konsisten
Berat badan anak dapat bertambah secara sehat jika teratur jadwal makannya. Oleh karena itu jangan sampai anak melewatkan jadwal makannya. Karena jika sampai mereka melewatkan jadwal makannya maka akan hilangnya nutrisi penting yang dibutuhkannya.

2. Makan Dengan Porsi Lebih Besar
Jika anak mampu menghabiskan makanan lebih dari satu porsi, maka ada baiknya berikan anak tambahan makanan. Misalnya saja dengan memberikan susu dalam gelas yang lebih besar atau juga memberikan potongan buah dalam jumlah yang lebih banyak.

3. Memberi Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi
Untuk bisa mengetahui makanan yang mengandung kalori tinggi, ibu bisa mengetahuinya dengan membaca label nutrisi. Berat badan anak akan cepat bertambah pada saat diberikan makanan yang mengandung kalori tinggi.

4. Memberikan Jus Buah Dan Susu Rendah Lemak
Pada saat anak haus maka ada baiknya menawari dirinya minuman yang mengandung kalori seperti jus dan susu. Jika dibandingkan air putih maka minuman berkalori tersebut jauh lebih efektif dapat menaikkan berat badan anak.

5. Dengan Memberi Makanan Tambahan Yang Tepat
Supaya berat badan anak cepat bertambah juga maka ada baiknya diberi makanan tambahan yang tepat. Anak bisa diberi kacang kacangan, selai kacang, alpukat, dan minyak zaitun didalam menu makanan. Makanan makanan tersebut mengandung kadar lemak sehat yang tinggi sehingga bisa dengan cepat dapat menaikkan berat badan anak. Makanan makanan tersebut juga sangat ampuh untuk mencegah peradangan.


Baca juga : Melibatkan Alam Untuk Pendidikan Anak

Yang perlu diingat adalah proses untuk menaikkan berat badan pada anak tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Harus dilakukan secara bertahap dan adanya beberapa hal penting yang harus diingat setiap orang tua seperti :
👉 Tidak memaksakan anak untuk makan
👉 Perut yang dimiliki anak anak kecil
👉 Anak akan sering rewel soal makanan
👉 Sesekali ajak anak untuk berbelanja bahan makanan dan memasak
👉 Jangan pernah berdebat soal makanan dengan anak.

Dan yang perlu diingat adalah selama anak makannya lahap dan tumbuh dengan ceria, maka anak yang terlihat sangat kurus tidak perlu dikhawatirkan asalkan tetap seimbang asupan nutrisinya.
Share:

9 komentar:

  1. Terimakasih, tipsnya sangat bermanfaat. Terkadang memang suka khawatir jika ada yang dirasa kurang normal dengan tumbuhkembang anak

    BalasHapus
  2. Asupan nutrisi anak sangat penting, namun jangan sampai terkena obesitas hanya karena kebiasaan makan yang tidak terkontrol karena pembiasaan makan banyak

    BalasHapus
  3. Kadang gemas melihat anak-anak yang montok begitu, pengen peluuuukkk terus haha. Tapi harus dijaga juga agar tidak berlebihan ya, Kak.

    BalasHapus
  4. Tabel penting ini. Dulu awal jadi ibu saya selalu itung usia 1 tahun anak pokoknya 3x berat lahir aja. Makasih infonya kak

    BalasHapus
  5. Twrimakasih infonya, mba. Anakku banyak makan, aktivitasnya banyak. Ngga bisa diem, gerak terus. Berat badannya susah naik.

    BalasHapus
  6. Kaya Fahmi nih. Susah banget makannya. Tapi kami tidak memaksa. Neneknya bilang saya juga dulu gitu. Yang penting anak sehat dan tumbuh kembangnya normal. Toh beneran kalau sudah lapar anak malah minta makan sendiri. Sementara kalau disuruh makan kita yang stress rasanya hahaha...

    BalasHapus
  7. wah kalau anak2 saya justru kebalikannya.. ingin menurunkan atau setidaknya cukup ideal utk anak2 seusianya yakni 7-10 tahun

    BalasHapus
  8. Wahhh ternyata harus menambah kalori ya, aku baru tahu kebetulan anak sulungku berat badanya tidak seduao usianya

    BalasHapus
  9. Terimakasih tipsnya, bermanfaat sekali

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (17) Stories (16) opini (14) Teknologi (13) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger