Memilih Pakaian Bermotif Batik Berdasarkan Bentuk Tubuh

Memilih Pakaian Bermotif Batik Berdasarkan Bentuk Tubuh
Sampurasuuun.... :-)
Membicarakan masalah penampilan berpakaian tidak bisa lepas dari beberapa hal yang memiliki hubungan dan menjadi ciri khas dan karakter dari seseorang. Banyak orang berasumsi jika tampil maksimal dan dibanggakan harus memakai pakaian yang serba mahal, jahat di kantong gitu (maklum yang nulis ini penghasilannya cuma cukup buat beli garam itu pun yang ngatur beli ini itu adalah  sang istri sebagai menteri keuangan negara, haha)

Membeli pakaian yang mahal sebenarnya ga ada masalah selama keuangan tetap stabil pasca belanja kebutuhan sandang bermerk, namun akan menjadi masalah ketika membeli pakaian yang terbilang mahal nyatanya membuat kita sendiri merasa tidak nyaman (bukan ga nyaman karena harganya ya). 
Ada hal yang harus diperhatikan ketika seseorang akan membeli pakaian. Kenapa harus dipertimbangkan? ya karena selain mencegah penyesalan udah ngeluarin uang tapi barangnya tidak memuaskan.

Gb. liputan6.com
Setidaknya pilihlah pakaian yang sesuai dengan kepribadian terutama kesesuaian warna pakaian dengan warna kulit. Apalagi untuk laki-laki yang kebanyakan memiliki aktivitas harian outdoor yang menyebabkan warna kulit akan berbeda dengan orang yang sehari-harinya berada di dalam ruangan. 
Kali ini jenis pakaian yang akan sedikit saya ulas tips dan triknya adalah pakaian kebangsaan rakyat Indonesia yang banyak disukai dan dipakai dalam keseharian baik acara santai maupun resmi. 
Padahal batik Indonesia sudah menjadi salahsatu warisan budaya yang diakui oleh UNESCO yang ditetapkan pada setiap 2 Oktober sejak tahun 2009.

Beragam motif batik tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari batik Tujuh Rupa dari Pekalongan, Priyangan dari Tasikmalaya, Pring Sedapur dari Magetan, Sogan dari Solo, Kawung dari Jawa Tengah, Batik Gentongan dari Madura, Mega Mendung dari Cirebon, Simbut dari Banten, Cendrawasih, Tifa Hanoi, Kamoro dan Sentani dari Papua. Pokoknya banyak!
Apalagi kalau bukan BATIK?

Ya, batik adalah pakaian yang sudah menjadi identitas bangsa Indonesia, bahkan dalam beberapa waktu ke belakang sempat menjadi polemik antara Indonesia dengan negara tetangga karena ada klaim corak batik, riweuh itu ngaku-ngaku batik kita. :-D
Baca juga: Baju Batik Wanita Modis Untuk Anda
Beberapa tips yang dapat diterapkan menyesuaikan bentuk tubuh ketika kita memutuskan untuk memilih batik sebagai salahsatu kebutuhan berpakaian dan bergaya setiap hari, diantaranya:

Inverted Triangle
Carilah kemeja batik yang memiliki kancing terbuka pada leher. Kemeja batik dengan gaya seperti ini akan menarik karena bentuk badan seperti ini memang sebenarnya mudah untuk hampir segala jenis pakaian.

Rectangle 
Memiliki bentuk badan lurus perlu perhatian ekstra untuk memilih kemeja batik. Bisa dicoba untuk membeli kemeja batik yang meruncing dan pas di pinggang, sehingga akan membantu untuk menciptakan ilusi bodi segitiga yang akan membuat bahu terlihat lebih luas. Untuk coraknya sendiri carilah corak batik yang memiliki struktur horizontal.

Triangle 
Badan triangle atau segitiga memiliki ukuran dan bentuk pinggang dan pinggul yang lebar. Untuk menyamarkan bentuk pinggang yang lebar, beli dan gunakan motif batik garis-garis vertikal yang lumayan cocok untuk bentuk badan seperti ini.

Superthin/Sangat Kurus
Bentuk tubuh yang [maaf, seperti saya] kurus kerempeng membutuhkan baju yang membuat tubuh terkesan sedikit berisi. Sebaiknya pilih kemeja batik yang lurus dan ramping dan melekat pas di tubuh, namun nyaman dikenakan. Hindari motif batik warna hitam atau abu-abu yang membuat badan terkesan bertambah kurus, dan lebih baik pilih yang berwarna. Kemeja dengan motif horizontal dengan garis yang tidak terlalu besar dapat dicoba.

Itu dia, beberapa tips dari saya yang bukan designer, bukan model, bukan pemerhati mode atau tukang jahit :-D.

Hanya berbagi pengalaman dari sekedar berkaca dan dapat komentar oranglain ketika berada dalam situasi batikan di tengah keramaian. Eh ngga juga sih, itu sebatas kenyamanan pribadi saja.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (14) opini (14) Stories (12) edukasi (12) Teknologi (8) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger