(Rencana) Liburan Keluarga Ke Ancol


Di tahun 2019 ini, cukup banyak yang hal yang saya catat dalam daftar keinginan untuk diwujudkan. Salahsatunya adalah berkunjung ke beberapa tempat wisata di ibukota Indonesia, Jakarta.

Meskipun terbilang dekat dari tempat tinggal saat ini (dibilang dekat karena tidak perlu nyebrang lautan buat sampai kesana,haha) namun rasanya terbilang hanya hitungan jari saya mengunjungi kota ini. Itupun hanya urusan pekerjaan yang memiliki keterbatasan waktu, kunjungan yang terakhir itu sekitar bulan September 2018 lalu ke kawasan Gambir, Jakarta Pusat.
Monas aja cuma bisa liat dari kejauhan 😔
Foto: Arsip
Saya kira mendapat waktu 4 hari disana akan mendapat "bonus" waktu untuk sekedar berjalan-jalan mengunjungi beberapa tempat yang tadinya sudah direncanakan. Namun sayangnya ternyata karena kegiatan indoor yang padat membuat saya hanya mendapatkan waktu istirahat di malam harinya saja. Siangnya, hanya tersedia untuk soliskan (solat, istirahat, makan). Alhasil, setelah tugas selesai pun keinginan untuk mengunjungi tempat wisata yang saya inginkan tidak terlaksana, ya ampun. 😓

Baca juga nih Menikmati Kesejukan di Curug Tilu

Ga apa-apa juga sih sebenarnya karena pergi ke tempat wisata tanpa membawa keluarga itu rasanya kurang asyik. Jadinya semoga di tahun ini saya dapat memboyong keluarga kecil ke Jakarta untuk beberapa hari sekalian memperkenalkan si kota yang tak pernah tidur ini kepada sang anak, pasti dia suka dan sangat senang.

Anak mana sih yang ga suka dengan wahana-wahana yang ada di daerah Ancol? jarang yang ga suka kan. Disana tersedia berbagai wahana rekreasi keluarga, lalu ada wisata pantai yang pengunjungnya dapat bermain karena ombaknya tidak besar, kemudian ada hotel-hotel berbintang bagi yang ingin memiliki pengalaman dan pelayanan eksklusif, apalagi urusan makan, ada beragam restoran dengan banyak menu pilihan dan taman hiburan yang dapat dinikmati dalam satu area rekreasi yang sangat luas. Apalagi coba?
Belum lagi tempat ini dapat diakses dengan mudah menggunakan angkutan umum sekalipun seperti Bus TransJakarta (dulu suka sekali naik ini karena sekali beli tiket bisa keliling Jakarta asal ga keluar halte, 😄) dan yang lainnya.

Rencananya di momen liburan tahun ini akan membawa keluarga untuk pergi ke kawasan wisata Ancol. Semoga terlaksana, aamiin.

Kenapa milih Ancol?
Tempat wisata pilihan keluarga di tahun 2019
Foto: jejakpiknik.com

Karena Ancol sendiri merupakan area wisata yang didominasi oleh wisata permainan yang jarang ada di kota lainnya. Zona wisata yang terletak di Jakarta Utara ini merupakan salahsatu pilihan terbaik ketika memiliki kesempatan untuk liburan bersama keluarga. Apalagi untuk keluarga yang memiliki anak-anak karena ragam wahana permainan tersedia disini.

Lantas, apa aja sih yang ada di Ancol itu?

Usut punya usut, cari informasi tentang Ancol itu mudah sekali. Tinggal browsing aja cukup untuk sekedar mendapatkan hal-hal penting mengenai akses menuju kesana menggunakan transportasi publik serta apa saja yang akan didapatkan disana. Untuk tempat-tempat yang bisa dikunjunginya sendiri ternyata begitu banyak dan sepertinya tidak akan cukup waktu menikmatinya dalam satu hari saja, wah mesti nginep bermalam-malam nih.

Let's check it! 👇

1. Pantai 🌅
Yang pertama adalah wisata alamnya, ada pantai yang bisa dijadikan tempat bermain bersama keluarga, katanya ga cuma satu, tapi ada lima pemirsah, lima pantai yang pasti memiliki keunikannya masing-masing. Kelima pantai tersebut diantaranya adalah Pantai Festival, Pantai Carnaval, Pantai Ancol Beach City, Pantai Indah, Pantai Elok dan  Pantai Ria
Menjelang sunset, bikin betah berlama-lama,
Foto: travelingyuk.com

2. Dunia Fantasi (Dufan)🌉
Kalau berkunjung ke Dufan, dapat hal yang paling menarik karena dapat main sepuasnya bersama keluarga, menghabiskan waktu seharian juga boleh, yang penting kuat, :-D. Berbagai jenis wahana permainan ada disini, mulai dari yang khusus memanjakan anak-anak yaitu Istana Boneka sampai ke wahana yang memacu adrenalin bagi pengunjung yang suka dengan ketegangan seperti Tornado. Ada beberapa wahana yang dapat dinikmati di Dunia Fantasi, diantaranya:
🎡 Bianglala
Foto: travel.detik.com

Bianglala sendiri adalah wahana berbentuk kincir, ketika menaikinya kita bisa melihat pemandangan indah mulai dari pantai hingga ke kawasan Dunia Fantasi dan Ancol. Ssst, katanya sih paling baik naik wahana ini di momen sunset karena pemandangannya jauh lebih indah.
🎡Kicir-kicir
Kicir-kicir merupakan Bianglala versi ekstra. Wahana ini membuat orang yang menaikinya berputar, terbalik, melintir, sambil meluncur. Hmm, siapa berani?
🎡Arung Jeram
Untuk wahana yang satu ini, pasti sangat menyenangkan karena pengunjung akan menaiki perahu karet kemudian mengarungi jeram-jeram yang siap menggoncang kesana-kemari, awas pegangaaan!
🎡Halilintar
Halilintar adalah roller coaster bagi orang dewasa, jadi anak-anak dilarang naik ya. Katanya nih wahana yang satu ini menjadi kesukaan pengunjung untuk uji nyali karena menawarkan ketegangan yang komplit. Di wahana ini kita akan dihadapkan dengan kondisi ngebut, naik, turun, menikung tajam, meluncur terbalik, melaju dengan kecepatan tinggi. Sepertinya bagi pemilik nyali besar ini tidak masalah, noooo problemo.
🎡Niagara Gara
Katanya wahana ini termasuk wahana favorit lho di Dunia fantasi.
🎡Hysteria
Kalau dari info yang didapat sih tinggi wahana ini agak serem karena dua kali lebih tinggi dari bianglala. Nantinya pengunjung akan dinaikkan ke ketinggian 60 meter kemudian dilontarkan tiba-tiba ke udara dengan kecepatan yang luar biasa. Sepertinya namanya memang diambil dari efek yang didapatkan.
🎡Baku Toki
Baku Toki sering disebut "bomb bomb car", pengendara akan mengendarai sejenis mobil mini yang kerjanya tabrak sana tabrak sini. Jangan lupa sabuk pengaman ya.
🎡Kora Kora
Kora Kora sendiri merupakan wahana berbentuk perahu yang berayun-ayun. Perahunya berupa tongkang seperti mangkuk yang berayun tinggi. Naik wahana ini bikin jantung berdebar. Waah, apalagi ini ya?
🎡Tornado
Foto: travelingyuk.com
Naah, ini dia puncak dari segala ketegangan wahana permainan di Dufan. Dari namanya aja udah bikin deg-degan sih. Bernama Tornado karena wahana ini menawarkan sensasi seperti berada dalam pusaran angin puting beliung alias tornado. Tubuh akan dibuat jungkir balik, diputar, dibanting, hingga meluncur dengan cepat. Saat mencobanya, saya merasakan seperti apa rasanya mau jatuh dan betapa ngerinya melihat tanah di bawah.
Lihat juga: Keindahan Alami Pantai Apra, Cianjur
3. Atlantis Water Adventure (Atlantis)
Atlantis Water Adventure memiliki beragam kelebihan untuk dijadikan pilihan mengisi liburan bersama keluarga, bagaimana tidak karena disana begitu banyak wahana permainan air yang membuat pengunjung terutama anak-anak dan remaja begitu asyik bermain air. Wahana yang tersedia disana diantaranya adalah Dragon Slide,  Crazy The Highest and The Longest Side, Antila, kolam Ombak Poseidon, kolam Tanding, Kiddy Pool I dan II juga ada Rainbow Splash.

Foto: jejakpiknik.com

4. Gelanggang Samudera
Foto: wartabuana.com
Gelanggang Samudera merupakan taman hiburan bertema air yang banyak menampilkan pertunjukan bawah laut dan akuarium raksasa yang banyak berisi satwa laut. Ada juga pentas hewan laut seperti singa laut, lumba-lumba 🐬, dan banyak lainnya. Selain sebagai hiburan juga merupakan wahana edukasi bagi anak-anak untuk lebih banyak mengetahui tentang dunia laut. Selepas puas dengan pertunjukan bawah laut, pengunjung bisa beralih ke wahana lain yang menampilkan pertunjukan drama Scorpion Pirates dan Cinema 4D.

5. Sea World
SeaWorld
Foto:astrajingga-tour.com
Sea World Ancol merupakan sebuah kawasan yang memberikan hiburan dan pendidikan khususnya dunia laut bagi para pengunjungnya. Menyatukan tema pendidikan, konservasi dan hiburan sebagai program unggulannya untuk dapat berperan aktif dalam pendidikan melalui dunia hiburan. SeaWorld Ancol banyak sekali biota air tawar yang terdiri dari beragam jenis ikan termasuk reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam banyak display. Setiap tampilan akuarium atau wahana memiliki tema khusus untuk memberikan nuansa tersendiri dalam pesan yang disampaikannya. Pengunjung anak-anak dapat menyaksikan keragaman aksi seru misalnya seperti ketika penyelam melakukan feeding show, menyaksikan uniknya duyung menyantap rumput laut dari tangan penyelam.

6. Marina 
Foto hunter pasti suka spot begini
Foto: travelingyuk.com
Marina Ancol merupakan tempat wisata memiliki fasilitas yang cukup lengkap, selain berfungsi sebagai destinasi kegiatan air di Ancol, Marina Ancol juga merupakan dermaga yang bergaya kosmopolitan yang digunakan untuk akses penyeberangan ke Kepulauan Seribu. Ditambah dengan adanya jogging track buat yang gemar olahraga pagi sambil menikmati indahnya dermaga dengan berjalan atau bersepeda ria. Apalagi untuk yang suka fotografi, pasti nyambung sama latar belakang dermaga serta deretan boat yang terparkir dengan rapi, dengan tambahan efek alami dari sunset atau sunrisenya, uh mantep pokonamah!.
7. Pasar Seni
Foto: jejakpiknik.com
Pasar seni Ancol merupakan sebuah pusat kegiatan seni dan koleksi kerajinan tangan yang didalamnya mewadahi kreatifitas para seniman juga kolektor seni. Pasar seni banyak mencakup galeri-galeri seni, toko cinderamata, plaza, restoran, dan panggung pentas seni. Beli oleh-oleh cinderamata pasti cocok nih, pergi ke tempat wisata tanpa membawa cinderamata itu berasa ada yang kurang kan?

8. Alive Museum

Museum ini merupakan cabang Alive Museum yang ada di Korea Selatan, katanya sih ini merupakan cabang yang ke-18 setelah yang ada di Thailand, Vietnam, China dan negara  lainnya. Jadi ga perlu jauh buat yang penasaran dengan isi dari Museum Alive, di Ancol juga ada. Disini pengunjung dapat menyaksikan beragam media ilusi yang penuh imajinasi dengan wall-artnya.
Salahsatu sudut wall-art yang asyik buat foto-foto
Foto: jejakpiknik.com
Lain lagi dengan Alive Star yang berisi patung lilin dari tokoh dan artis-artis terkenal dunia dengan size yang sangat mirip dengan aslinya.
Keren! Ada yang tahu ini siapa?
Foto: jejakpiknik.com

Dengan banyaknya wahana yang ada di zona wisata Ancol, membuat keinginan saya untuk datang kesana tahun ini harus terwujud. Tinggal rajin-rajinnya aja nih buat ngisi tabungan supaya bisa masuk ke semua wahana.

Buat tiketnya sendiri, ternyata tidak perlu susah-susah untuk mendapatkannya, saya tinggal buka aja Traveloka untuk mendapatkan tiket masuk Ancol (note: tidak termasuk tiket wahana yang ada di dalamnya ya), bisa juga sekalian pesan tiket masuk ke wahana lainnya misalnya buat masuk ke Dunia Fantasi. Kemudahan yang didapatkan dengan tiket ini yaitu dapat masuk melalui lima gerbang Ancol yang berbeda diantaranya: Marina Ancol, Barat / Hailai, Selatan / Jembatan Ancol, Timur, Karnaval, serta gerbang halte busway, tanpa harus membayar tunai. Tidak hanya itu sih, tapi juga mendapatkan akses gratis ke Bus Wara Wiri yang akan membawa kita berkeliling Ancol. Asyik kan?.

Teman-teman sudah berapa kali kesana? Share kesannya dong...
Share:

30 komentar:

  1. Asyik, semoga terlaksana di tahun ini

    BalasHapus
  2. Dari semua lokasi itu,,, Pasar Seni sama Alive Museum yang belum pernah dikunjungi. Ke Ancol lagi nih kayanya biar khatam semua hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah masing beruntung udah pernah kesana, ini belum sama sekali...

      Hapus
  3. Ke Dufan pengin ke arena pinguin tapi hiks sekarang sudah gak ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakah? Pada ngungsi kemana si penguinnya? :-)

      Hapus
  4. Terakhir ke sana udah lama banget. Masuj Dufan nggak cukup seharian. Kalau ke Pantai Ancol enaknya menjelang senja, jadi nggak terlalu panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka sekali dengan pantai, apalagi sore atau pagi hari, selain ga terlalu terik juga enak buat santai-santai

      Hapus
  5. Saya pun sebagai penduduk yang tinggal tak jauh dari Jakarta, mampir ke Ancol sudah belasan tahun lalu kali. Padahal ya untuk cari hiburan wahana semacam yang disediakan Ancol gak perlu pergi jauh-jauh. Kapan-kapan mesti balik ke Ancol :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa? Udah bosen kali ya?
      Tapi emang kalau yang dekat itu justru karena merasa udah biasa jadi akhirnya jarang berkunjung, saya juga dekat ke Curug Citambur, orang pada datang dari jauh saya sendiri malah jarang

      Hapus
  6. bolak balik ke jakarta tapi belum sempat kesini
    semoga next sempat kesana

    BalasHapus
  7. Kemarin pas libur Natal 2018 baru dari Ancol, ngajak anakku ke Seaworld karena mau lihat ikan besar katanya. Tadinya mau mampir ketempat lainnya, karena dateng pas libur panjang itu jadilah semua wahana disana super ramai termasuk si Seaworld. Ancol tetap menjadi alternatif liburan keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi baiknya itu berkunjung mending pada hari yang bukan hari liburan sepertinya biar ga terlalu padat gitu. Suka risi juga kalau terlalu banyak pengunjung

      Hapus
  8. duh, sumpah seaworld itu bagus banget. pengen balik lagi deh kayaknya ke sana. terakhir jaman SD. haha lama banget ya. pasti banyak banget perubahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman SD? wah atuh udah lama banget itu mah ya?

      Hapus
  9. Udah lama banget gak ke Ancol eui, terakhir kyknya pas anak pertamaku masih 5 bulanan hehe, gak kerasa dah 6 tahun gk ke sana. Jd pengen ke Ancol ngliat postingan ini eui :D Pengen ajak anak masuk seaworld :D

    BalasHapus
  10. dari dulu pinginn ke sini, tapi belum keturutan. Udah lama juga ini nggak negok ke jakarta hehe

    BalasHapus
  11. Semoga rencana liburan keluarganya terwujud ya Kakak Gitagusti, menambah quality time bersama keluarga.

    BalasHapus
  12. Kayaknya udah lumayan lama juga gak Ancol. Kalau bisa ke sana lagi, saya maunya ke Dufan

    BalasHapus
  13. Mbak..punten, itu habis no 7 kok 9 , 8-nya belum ada.
    Kalau Ancol yang belum aku Alive Museum..pengin ke sana nih jadinya

    BalasHapus
  14. Dufan lagi ada diskon sampai akhir februari. Pengen kesana cuma males ngantrinya

    BalasHapus
  15. Yang belum dijelajahi alive museum sama Atlantis nih di sekitar Ancol, kayaknya bakal coba deh di tahun ini

    BalasHapus
  16. Udah lama nih ga main ke Ancol, jadi pengen main kesana lagi sekalian photo

    BalasHapus
  17. Kalau ke Ancol favorit anak-anakku tetap Se Waorld, lalu Gelanggang Samudera. Ke Dufan belum penah, masih agak takut anaknya. Kalau urusan tiket aku juga udah pasrah aja sama Traveloka. The expert ini.

    BalasHapus
  18. dari postingan ini saya jadi ngitung waktu, udah berapa tahun gak ke dufan lagi, hehe dulu jaman sekolah sering banget kesana, jadi kangen masa sekolah deh :)

    BalasHapus
  19. Berapa kali ke Jakarta, tapi belum pernah ke Ancol. Kalau ke sana paling ya penasaran dengan wahananya kali ya, soalnya kalau pantai..di Lombok juga udah banyak hehehe

    BalasHapus
  20. udah lamaa banget gak ke Ancol.. duh butuh short escape nih.. pengen main di pantainya. atau ke pulau seribu seru juga yah kayaknya XD

    BalasHapus
  21. Jamannya masih sekolah seeing banget me Ancol entah dengan keluarga ato rombongan sekolah. Setelah punya anak baru 3x ke Ancol. Yg belum kesampaian pengin juga staycation sekitaran Ancol biar lebih puas jelajah wisata di Ancol.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (14) opini (12) Stories (11) edukasi (11) Teknologi (6) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"