Penguasaan Keterampilan IT Untuk Guru, Pentingkah?

Era globalisasi telah banyak menyentuh beragam bidang profesi, tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Personal yang memiliki profesi sebagai guru mau tidak mau harus melek terhadap IT dengan tujuan supaya para guru tidak tertinggal oleh teknologi yang setiap harinya dipakai dalam hal pembelajaran. 

Beragam aplikasi yang bersinggungan dengan dunia pendidikan mulai bermunculan, hal ini tentu harus diimbangi dengan kemampuan elemen di dalamnya. Guru yang belum memiliki kompetensi dalam mengimplikasikan terhadap pendekatan pembelajaran menggunakan teknologi pada saat ini dituntut untuk mampu mengembangkan keterampilannya akan komputerisasi. Salahsatunya adalah  pembelajaran dituntun menggunakan alat komputer sebagai media pembelajaran supaya siswa tidak jenuh dengan metode ceramah. 

Setidaknya ada beberapa hal positif yang akan didapatkan ketika seorang guru memiliki keterampilan mengoperasikan komputer, diantaranya:
🌟 Menambah Percaya Diri
Keterampilan calon guru menggunakan komputer dapat membuatnya lebih merasa percaya diri ketika melamar pekerjaan atau kondisi yang mensyaratkan harus mahir komputer. Bahkan beberapa tahun yang lalu keterampilan komputer merupakan ilmu yang tergolong berkelas dan sangat diminati oleh kalangan terpelajar. Bagaimana tidak? Segala hal yang berbau teknologi masa kini tidak akan bisa lepas dari komputer bahkan pengembangan teknologi menggunakan komputer untuk ditingkatkan kemampuannya untuk meringankan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia secara manual. Nah, kalau sudah demikian, masihkah guru mau berleha-leha dan keukeuh dengan kekonvensionalannya?

💥 Peluang Lolos Bersaing
Dengan memiliki keterampilan menggunakan komputer membuat calon guru akan mempunyai investasi masa depan berupa peluang di beberapa hal yang cukup menjanjikan. Keterampulan menggunakan komputer bisa diterapkan disegala macam bidang profesi, salahsatunya profesi guru. Lihat saja pelaksanaan seleksi CPNS terakhir yang menggunakan sistem CAT, serba komputer sejak tahap pendaftaran.

🔅 Membantu Memudahkan Pekerjaan
Dengan keterampilan mengoperasikan komputer maka pekerjaan guru yang pada waktu sebelumnya memerlukan waktu dan tenaga lebih bisa dikerjakan dan teratasi dengan waktu yang singkat dan lebih mudah. Bayangkan saja dalam pengerjaan dokumen yang banyak terjadi kesalahan jika dikerjakan dengan mesin tik dan tentu tidak bisa diperbaiki atau diedit maka dengan komputer bisa menangani permasalahan tersebut dengan lebih baik, data yang diolah bisa dengan mudah diedit bahkan setelah disimpan dalam jangka waktu lama serta dapat diarsipkan secara digital sehingga mempermudah pencarian ketika dibutuhkan. Menyusun rencana pembelajaran dan membuat bahan ajar lebih mudah dengan komputer.

🔼 Menunjang dan Meningkatkan Karir
Personal masa kini yang menguasai penggunaan komputer apalagi jika dibarengi dengan pengetahuan perawatan dan memperbaiki akan mampu bekerja lebih produktif dengan waktu dan tenaga yang minim. Bahkan mempelajari komputer merupakan investasi masa depan yang memiliki prospek bagus.
Share:

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Stories (11) opini (11) Jalan-Jalan (9) edukasi (8) Teknologi (5) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"