Cedera Yang Sering Dialami Oleh Penyuka Olahraga

Bagi seseorang yang memiliki aktivitas olahraga sebagai salahsatu rutinitas sehari-hari, olahraga merupakan hal yang sangat penting. Namun dalam setiap hal yang dilakukan apalagi melibatkan gerak anggota tubuh membuat seseorang rentan mengalami risiko cedera ketika melakukannya.

Merupakan yang paling umum dialami ketika terlalu sering berolahraga tanpa membuat jeda dan terlalu memaksa tubuh untuk melewati batas toleransinya adalah cedera. Beberapa kebiasaan salah dalam melakukan gerakan serta kurangnya warm up menjadi beberapa faktor penyebab utama dari cedera saat olahraga.


Setidaknya ada beberapa resiko cedera yang bisa kita perhatikan agar dapat mengantisipasinya agar tidak mengalami cedera yang membahayakan bagi tubuh:

#1 Kram Otot
Pemanasan adalah kunci untuk menghindari cedera jenis ini. Meskipun tergolong ringan namun akan begitu menyakitkan begitu hal ini terjadi. Hal ini akan terjadi biasanya karena pemanasan dan peregangan yang tidak maksimal. 

#2 Cedera Siku
Olahraga angkat beban, bulutangkis, tenis, golf, bola voli menjadi beberapa olahraga yang memiliki resiko cedera siku. Biasanya jenis cedera pada bagian ini terjadi karena peradangan otot yang terus-menerus digunakan untuk bergerak dan menahan beban. Anda pun akan merasakan sakit ketika menggerakkan dan mengangkat lengan atau tangan ke atas.

#3 Cedera Bahu
Untuk berolahraga yang banyak menggunakan tubuh bagian atas sebagai sebagai bagian yang aktif bergerak seperti bola voli, berenang, bulutangkis dan basket, cedera bahu memiliki peluang yang sangat besar dialami. Hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasinya adalah tidak memaksakan secara berlebihan bahu untuk bekerja terlalu keras karena pergerakan sendi bahu yang berulang dengan waktu yang lama berisiko menyebabkan otot-otot bahu kelelahan dan rusak.

#4 Cedera Hamstring
Hamstring ini adalah sekelompok empat otot yang berada di belakang paha belakang tubuh. Biasanya semua otot ini akan tegang bila salah satu otot menerima beban yang berlebih. Dapat digambarkan sakitnya seperti otot-otot yang ditarik ke bagian belakang paha. Biasanya terjadi ketika melakukan olahraga sepak bola.

#5 Cedera Otot Pergelangan Kaki
Bagian lingkar pergelangan kaki banyak ditemui dalam olahraga tidak peduli olahraga yang berkonsentrasi pada tubuh atas atau kedua bagiannya. Gerakan run, jump dan gerakan lainnya biasanya menyebabkan pergelangan kaki meregang pada urat penghubung antar tulang di persendian. 

#6 Gegar Otak
Cedera otak traumatis akan terjadi ketika ada pukulan atau hantaman yang cukup kuat ke kepala. Yang terjadi biasanya adalah kehilangan kesadaran, mual, sulit berkonsentrasi, kehilangan keseimbangan, bahkan dalam tingkat cukup berat mengakibatkan lupa ingatan/amnesia. Risiko cedera ini dialami oleh olahragawan yang berada di cabang olahraga berat seperti tinju dan sepakbola.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Stories (16) Jalan-Jalan (15) opini (14) Teknologi (13) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger