Tips Tetap Aman Liburan di Musim Hujan

Tips Tetap Aman Liburan di Musim Hujan
Memasuki bulan September, Oktober, Nopember dan seterusnya, hujan biasanya turun dengan intensitas yang sangat tinggi, ya wajarlah karena di Indonesia sendiri yang hanya memiliki 2 musim (kemarau dan penghujan) dalam satu tahun. Di musim ini dengan banyaknya potensi bencana di berbagai tempat seperti banjir di beberapa kota atau tanah longsor yang sedikit banyaknya menghambat jalur transportasi antar wilayah, atau bahkan angin ribut seperti yang terjadi belakangan di Bogor dan Cianjur.

Namun demikian, kejadian seperti ini tidak menjadikan niat penyuka travelling untuk berlibur ke berbagai tempat wisata karena mungkin sudah direncanakan di jauh-jauh jari. Belum lagi memang ada beberapa spot wisata yang memanjakan para pencari view alam terbaik misalnya fotografer yang memang begitu indahnya hanya nampak di musim hujan, misalnya air terjun yang akan memiliki fenomena air terjun terbaik kalau debit airnya dalam kondisi maksimal. 

Nah, kalau masih keukeuh untuk tetap melaksanakan jadwal yang sudah ditetapkan, ada baiknya memperhatikan kiat-kiat sederhana berikut:

Membawa Pakaian Sesuai Kebutuhan 
Musim penghujan pastinya selalu dihadapkan dengan cuaca ekstrim dengan udara dingin dan sangat dingin (tapi ga sedingin Eropa kayanya, maklum belum pernah keluar negeri, haha). Menyiapkan pakaian yang hangat dan dapat menahan suhu tubuh tetap stabil adalah solusi cerdas, waterproof is better. Jangan sampai kedinginan di tempat tujuan. Jangan lupa, pastikan jas hujan dan payung adalah barang yang dibawa untuk melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika sedang dalam perjalanan. "Sedia payung sebelum hujan", right?

Ketahui Kondisi Wisata Tujuan
Dengan mengetahui kondisi tempat wisata yang akan didatangi, minimal kita akan dapat mengetahui gambaran seperti apa tempat tersebut. Mulai dari jalur utama, jalur alternatif, kondisi jalan sampai ke moda transportasi yang tersedia. Mencari informasi bisa melalui jejaring sosial atau mungkin kepada teman yang sudah memiliki pengalaman berkunjung ke tempat tersebut.
 

Memastikan Kondisi Tubuh Dalam Kondisi Fit
Hal ini sangat ketika kita memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata pada musim hujan. Tubuh yang kurang sehat pasti membuat momen perjalanan menjadi ribet dan tidak nyaman karena tidak dapat menikmati apa yang ada di tempat wisata. Jadi siapkan kondisi badan semaksimal mungkin mulai dari membiasakan olahraga sampai ke mengkonsumsi sumber nutrisi yang baik dan sehat.

Selalu Memperhatikan Momen
Berdasarkan pengalaman sehari-hari, tidak turun sepanjang waktu misalnya seharian dari pagi hingga pagi lagi. Selalu ada beberapa jam yang intensitas hujannya sedikit (gerimis) atau tidak hujan sama sekali di lokasi wisata tersebut. Pastikan tiba ke tempat tersebut dalam rencana waktu yang diperkirakan akan baik untuk dapat mengeksplorasi alam. 

Menyiapkan Spot Wisata Cadangan
Mendatangi spot wisata gunung, pantai, dan wisata berbasis alam bebas di musim penghujan jujur bukanlah pilihan terbaik untuk dilakukan. Karena beragam alasan mulai dari keamanan hingga kenyamanan selama perjalanan. Untuk mengatasinya nih (daripada ga liburan sama sekali, hihi) silakan siapkan spot wisata cadangan yang meskipun hujan datang.

Selalu Menyediakan Obat
Wisata di musim hujan memang membutuhkan persiapan yang ekstra, ekstra, ekstra. Obat-obatan adalah hal yang penting dan harus selalu ada untuk menghindari berbagai macam gangguan kesehatan. Jadi kalau sekali-kali perlu, ga perlu mencari kesana kemari seperti Neng Ayu Tingting yang kebingungan mencari alamat palsu, kan ribet.

Ada yang punya tips-tips emejing yang bisa ditambahkan? Ditunggu di kolom komentar ya...
"Jangan lupa bahagia..."
Share:

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Stories (11) opini (11) Jalan-Jalan (9) edukasi (8) Teknologi (5) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"