Trip Dadakan Ala Blogger

Di awal tahun, biasanya orang akan beramai-ramai membuat keinginan atau wish list yang diharapkan akan dicapai di tahun tersebut. Mulai dari keinginan membeli barang yang diidamkan atau barangkali ingin berkunjung ke satu atau beberapa tempat sebagai liburan di tanggal-tanggal tertentu. Rencana itu biasanya diseimbangkan dengan perkiraan pendapatan yang akan didapatkan di tahun tersebut sehingga akan terukur seberapa besar budget yang dapat disisihkan untuk memenuhi keinginan yang dicita-citakan setelah dikurangi dengan biaya hidup sehari-hari. Dengan mencari tahu momen-momen liburan yang bisa dimanfaatkan dengan melihat tanggal-tanggal merah di setiap bulannya. Harapan kebanyakannya sih ada libur hari Jum’at karena Sabtunya “disate” aja sama Minggu karena Sabtu itu adalah Harpitnas 😄.

Nah balik lagi ke rencana liburan. Lain lagi dengan liburan dan ngetripnya blogger yang kadang-kadang bahkan sering juga dikagetkan dengan “suprise” mesti melakukan perjalanan ke satu atau beberapa tempat yang memang itu merupakan destinasi wisata. Entah itu karena tempat acaranya berada disana atau memang berdekatan lokasinya dengan tempat berwisata.

Nah kan?
Mulai terbayang ceritanya apa?

Ya ini bukan hanya cerita saja, benar-benar kejadian hal seperti ini terjadi baru-baru ini dialami oleh saya.

Di awal tahun lalu tidak terbayang sama sekali kalau saya akan melakukan liburan marathon seperti yang terjadi kemarin. Dibilang marathon iya karena acaranya mendatangi beberapa spot wisata di Cianjur dalam rentang waktu beberapa hari saja. Itu jarang terjadi mengingat kegiatan dan pekerjaan utama saya bukanlah traveler sejati (jadi travelingnya sesuai waktu yang tersedia) yang bisa kesana kemari setiap hari melakukan kunjungan ke beberapa tempat berbeda. Apalagi ini yang dikunjungi adalah tempat wisata. Ajiiiieeb, ajib bener Mang!

Itu yang ajibnya, ada yang lebih ajibnya lagi karena 2 hari pertama saya bersama para blogger Cianjur diharuskan menginap di Hotel Delaga Biru untuk mengikuti pembekalan materi oleh para tutor hebring baik dari dinas terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Cianjur, yang diwakili oleh narasumber Ibu Dra. Enung Sri Haryati (Kepala Bidang Pemasaran Disparpora Kab. Cianjur) yang menyampaikan materi tentang Kepariwisataan. Kemudian ada lagi pemateri dari Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Propinsi Jawa Barat yaitu Ibu Dra Febiyani, M.Pd. yang menyampaikan materi tentang Pemanfaatan Media Online untuk Promosi Pariwisata. Ada lagi pemateri akang kasèp Mario Devys dari JCI Chapter Cianjur menyampaikan materi tentang Optimalisasi Media Online untuk Promosi Wisata. Belum lagi dengan beberapa pemateri lainnya yang ga kalah cihuy, pokonya mantep madep, pemaparannya enak, berbobot dan menarik sehingga betah kepala ini diisi wawasan yang kekinian dalam rangka memenuhi tuntutan zaman now. 😁.

O iya, belum kasih tau acaranya apa. Nah, acaranya adalah Pemberdayaan Duta Wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Cianjur dan Propinsi Jawa Barat bekerjasama dengan JCI Chapter Cianjur. Pesertanya adalah Blogger Cianjur dan Mojang Jajaka Cianjur. Semuanya adalah para Duta Wisata yang nantinya memiliki tugas untuk mempromosikan sektor pariwisata Cianjur terutama dalam media berbasis online. Ga tanggung-tanggung, acara ini dibuka langsung oleh Ibu Bupati Cianjur Hj. Ratu Eliesye Fitriane. 

Dalam sambutannya beliau menuturkan bahwa potensi Cianjur dalam pariwisata sangat besar dan memiliki peluang untuk memjadi salahsatu faktor pendukung kesejahteraan masyarakat Cianjur. Sehingga jika dikelola dengan baik akan memberikan hasil yang maksimal. Pengelolaan yang baik akan terlaksana dengan dukungan SDM dan pembangunan infrastruktur yang tertata.Baik dari segi akses jalan menuju lokasi, penataan fasilitas di tempat wisata maupun penataan informasi secara konvensional maupun online. Zaman now atuhlah, mesti mengikuti perkembangan zaman.
Dengan semakin mudahnya penggunaan media sosial online oleh semua kalangan terutama usia remaja dan produktif menjadikan ini sebagai corong informasi persuasif untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Cianjur. Apalagi jika di tempat-tempat wisata tersebut begitu dibuat menarik bagi para pemburu keindahan fotografi dan instagramable, berbondonglah wisatawan kesana.

Beberapa spot wisata dikunjungi pada hari ketiga dan keempat acara ini. Diantaranya adalah:
Istana Presiden Cipanas
Kebun Raya Cibodas
Pendopo Kabupaten Cianjur
Bomero, Pokland
Wisata Air Jangari
Tirta Jaya
Safari Religi
Makam Dalem Cikundul, dll.

Dan, pada akhirnya. Terjadilah trip dadakan ala blogger yang tidak direncanakan di awal tahun, melakukan perjalanan menarik bersama Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Cianjur, JCI, Moka Cianjur dan Blogger Cianjur. Semoga banyak lagi kegiatan yang bisa membuat para Blogger Cianjur berkumpul dalam suasana santai dan menyenangkan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (16) Stories (16) opini (14) Teknologi (13) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger