Mengenal Jenis Pakaian Muslim Pria

Mengenal Jenis Pakaian Muslim Pria
Hai, 2019 sudah masuk bulan ketiga nih temans, kalau dalam hitungan penanggalan tahun Islam sekarang sudah masuk ke bulan Rajab. Bulan dimana banyak memiliki keutamaan selain bulan Ramadhan. Termasuk memanfaatkan bulan ini untuk lebih banyak melakukan amalan-amalan shalih yang dapat memperbanyak pundi-pundi amal baik kita. Jangan lupa juga untuk yang mampu ada baiknya untuk melaksanakan puasa sunnah, yang lebih afdhol itu menurut yang sering saya dengan adalah dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 10 Rajab, ya tapi bukan berarti tanggal yang lain tidak baik ya. 
Tentu datangnya bulan penuh keberkahan ini banyak pula kegiatan yang berhubungan dengan bulan ini. Diantaranya adalah seringnya diadakan kegiatan di masyarakat dalam rangka peringatan ketika Nabi Muhammad SAW diperjalankan oleh Allah SWT dari Masjid Haram di Makkah menuju Masjid Al Aqsha.

Nah tentunya dalam menghadiri kegiatan-kegiatan tersebut temans tidak akan lepas dari yang namanya pakaian yang sesuai dengan tema kegiatan, penyesuaian gitu lah. Kan kurang enak juga kalau datang ke acara keagamaan tapi yang dipakai temans adalah kaos oblong seadanya kaya mau nongkrong, meskipun memang pakaian tidak mempengaruhi niat sih.

Sedikit referensi untuk menyegarkan ide dalam memilih gaya dan jenis pakaian muslim pria, dibawah ini ada beberapa gaya dari beberapa negara yang menurut saya cocok untuk dijadikan alternatif pilihan agar tidak monoton dalam koleksi pakaian. Semoga bermanfaat.

1. Jalabiyya
Jalabiyya
Yang pertama ada Jalabiyya yang merupakan sebuah jubah longgar yang dipakai oleh pria muslim di Mesir, meskipun ada beberapa Negara Arab lainnya yang menggunakan istilah yang sama, namun galabiyya asal Mesir memiliki keistimewaan lebih terlihat kasual sehingga cocok untuk digunakan kemana saja, kapan saja dan dimana saja, baik untuk acara formal maupun non formal.

Konon Jalabiyya merupakan busana tradisional orang Arab. Busana ini biasanya digunakan untuk pria dan juga wanita. 

Jalabiya versi wanita bisa juga dipadukan dengan jilbab dan turban, warna yang ditawarkan juga sangat cantik. Menggunakannya akan memberikan kesan sangat Arab dan Ramadan sekali. Sedangkan jalabiya pria biasanya lebih sederhana, dan datang dengan tidak banyak pilihan warna. Selain disebut sebagai jalabiya, busana jenis ini juga bernama lain thob dan dishdasha.
 
2. Jubbas

Jubbas
Yang kedua ada Jubbas adalah sebuah baju lengan panjang yang menutupi bagian tubuh hingga mata kaki, biasanya digunakan oleh pria muslim di Arab, sama halnya dengan Galabiyyas namun yang menjadi pembeda adalah istilah yang digunakan. Jubba berasal dari bahasa Turki yang berarti sepanjang mata kaki. Biasanya untuk pakaian jenis jubba tidak memiliki banyak warna dan gaya lebih cenderung polos serta didominasi oleh warna-warna netral seperti hitam, putih, dongker, abu-abu dan tidak ditemukan motif ataupun corak pada pakaian muslim ini.

3. Koko

Koko
Nah selanjutnya ada "Koko" (kesukaan saya pribadi, koleksi ada lah beberapa di gantungan saking sukanya dengan model pakaian ini) yang merupakan baju muslim pria yang paling umum di Indonesia. Baju ini terus menjadi populer hingga kini.

Baca juga : Tips Memilih Pakaian Jenis Batik Sesuai Bentuk Tubuh

Nama "koko" sendiri berasal dari panggilan orang Indonesia kepada kaum pria Tionghoa yang biasa dengan sebutan engko/engkoh, yang kemudian berkembang menjadi koko. Sebutan tersebut kian melekat sehingga lebih dikenal dengan sebutan baju koko. Baju ini menjadi bukti sejarah otentik mengenai akulturasi bangsa Indonesia dengan kebudayaan Tionghoa di tanah air.

4. Thobes, Thob atau Tawb

Thobes
Thobes atau tawb juga berasal dari wilayah Timur Tengah. Baju muslim ini memiliki banyak kesamaan dengan model juuba dan galabiya, mungkin hanya masalah penamaan dan asal daerah dari pengguna pakaian ini saja.

Panjang baju ini sampai mata kaki dan menutupi seluruh bagian tubuh. Dalam hal variasi warna dan motif kain sama halnya dengan jubba dan galabiyya juga lebih terkesan netral dalam hal warna dan tidak terlalu banyak ornamen-ornamen, sehingga sangat otentik dengan karakter orang-orang dari Timur Tengah.

4. Kurta

Kurta
Pakaian model ini merupakan pakaian jenis tradisional dari Negara Pakistan, Nepal, Afganistan, India, juga Srilanka. Tetapi konon awal mulanya Kurta berasal dari Pakistan. Kurta mempunyai bentuk yang sama seperti Thob, Galabiyya, dan Jubbas, tetapi panjang bajunya tidak sampai ke mata kaki sehingga membutuhkan celana lagi.
5. Sherwani
Sherwani
Sherwani merupakan pakaian yang sebenarnya merupakan pakaian adat yang biasa digunakan oleh para bangsawan muslim dari wilayah India dan Pakistan. Sherwani merupakan pakaian khas India yang biasa digunakan oleh aristokrat, bangsawan dan keturunannya, raja, serta sultan yang merupakan lambang dari kemewahan dan strata sosial. Sherwani berkarakter dengan modelnya yang panjang hingga ke bawah lutut, dengan motifnya yang detail dan memberikan kesan yang sangat mewah.
Pakaian pria ini sangat cocok untuk dipakai dalam acara formal, seperti acara pernikahan, jamuan, dan pesta lainnya. Pakaian mewah ini di negara Indonesia sangat jarang dikenakan oleh penduduk lokal. Tapi sherwani sangat familiar dan sering dipakai oleh beberapa kalangan saja, seperti keluarga pendatang asal India dan keturunan India yang tinggal di Indonesia. Biasanya mereka menggunakan pakaian ini untuk acara keagamaan atau pesta pernikaha.

Tips lainnya : Baju Batik Modis 2019

Nah itulah beberapa gaya pakaian islami dari beberapa negara yang cocok untuk dijadikan pilihan dalam berpakaian. Boleh dicoba sesuai dengan selera masing-masing, tapi saya rasa semua cocok juga, :-)
Share:

28 komentar:

  1. Selama ini cuma tahu Koko. Ternyata banyak juga ya, Kak, pakaian muslim pria ini. Dan saya sangat suka sama Kurta dan Sherwani. Modis banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya suka juga tapi sherwani sepertinya memang benar-benar harus berasal dari bahan yang bagus

      Hapus
  2. Keren-keren, referensi yang bagus biar ga bosen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biar ga bosen pake model yang itu-itu aja :-)

      Hapus
  3. Keren nih, Mas infonya.
    Selama ini saya cuma tau namanya baju koko. Padahal ternyata namanya beda-beda hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, tapi paling nyaman untuk saya sendiri sih koko juga Mas, ga biasa pake jenis thob dsb :-D

      Hapus
  4. No 3 sudah familiar ya banyak yang pakai hehe. Referensi nih buat suami biar baju Koko nya gak monoton gayanya.

    BalasHapus
  5. wah penampilan jadi modis yak ... bukan perempuan aja yang bisa modis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar ga dibilang ketinggalan mode Teh :-)

      Hapus
  6. Keren keren baju muslimnya, yg versi gamis lebih keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat koleksi sekali-kali pakai selain koko :-)

      Hapus
  7. Aku sukak sama yg model kurta hehe

    BalasHapus
  8. Kurta dan sherwani kelihatan mirip dengan pakaian pria India dan Pakistan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cuma memang rada kurang pd kalau yang punya badan tipis macam saya :-D

      Hapus
  9. Cuma PD beliin koko. Dan suami pun cuma PD pakai koko. Soalnya badannya gak kekar, biasa ajah. Takutnya kalau pakai model jubah, tenggelam. Hehe

    BalasHapus
  10. Ternyata beberapa negara sudah memiliki ciri khas pakaian pria muslim. Dulunya cuma tahu bentuknya doang, sekarang tahu namanya. Terimakasih infonya

    BalasHapus
  11. Kupikir semua baju panjang kyk gamis itu namanya jalabiyya. Tyt beda-beda yaa namamya...

    Btw, pas kemaren backpacker ke Mesir aku sempet mau beli jalabiyya, tapi ga sempet. Huhuhu...padahal mupeng

    BalasHapus
  12. Ternyata ada jenis-jenisnya juga. Kalau sesuai dengan selera suami saya, pasti dia milih baju koko

    BalasHapus
  13. Istilahnya banyak juga, ya. Bukan cuma baju perempuan yang banyak ragamnya.

    BalasHapus
  14. Ohh..saya selama ini utk pakaian muslim lelaki "Koko" doang tau nya. Ternyata ada banyak macam ya
    Tp kalau diliat2 kaya kurta itu mengadopsi gaya busana pria pengantin di India

    BalasHapus
  15. Saya bilangnya semua Koko ternyata ada namanya sendiri. Hihi
    Bagus-bagus yaaa...Suka dengan Kurta.

    BalasHapus
  16. Aku bilangnya Koko sama Gamis, wkwkwk. Pokok kalau pendek koko, kalau di bawah lutut ya gamis, Ternyata cam-macam. Tapi suamiku cuma mau pakek koko aja. Selebihnya dia nyaman berkemeja biasa. Tapi nice info lho

    BalasHapus
  17. Ternyata ada banyak banget ya macamnya. Selama ini tahunya ya baju koko sama gamis aja.

    BalasHapus
  18. Kalau suami beli jubbas, kayanya saya bisa pinjem tuh. Hehehe kaya gamis pakaian perempuan kan ya modelnya...

    BalasHapus
  19. Nah, ayo coba beli buat model model diatas...siapa tau good looking

    BalasHapus
  20. Mas makasi banyak buat share nya ini ya. Karena selama ini ak taunya baju koko dan gamis yg buat cowo. Malah gatau kalo ada jenis-jenisnya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (17) Stories (16) opini (14) Teknologi (13) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger