Manfaat Kecombrang (Honje) Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kecombrang (Honje) Bagi Kesehatan Tubuh
Kecombrang...
Yang dalam bahasa lainnya adalah kantan atau honje (Sunda) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

Nama lainnya adalah Kincung (Medan), Bunga Rias ( Tapanuli Utara), Asam Cekala (Tanah Karo), Kumbang Sekala (Lampung), Sambuang (Minangkabau) serta Siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya daalaa. Di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot dan keduanya bisa dipakai sambal (sambel matah). Banyak sekali namanya ya.

Kecombrang ini biasanya sering dijumpai dan tumbuh subur di daerah pegunungan, meskipun memang pernah beberapa kali saya pernah melihatnya di lingkungan tempat tinggal teman yang berada di daerah dataran rendah yang dekat dengan pantai.


Bunga kecombrang yang sedang mekar
Bunga kecombrang ini memiliki aroma yang cukup khas dan berbeda dari tanaman lain. Harumnya menyegarkan, sehingga tak jarang menggugah selera makan saat digunakan dalam racikan masakan. Di kampung saya, kecombrang atau honje bukanlah merupakan bahan bumbu masak yang asing, sering digunakan dalam beragam masakan dan juga seringkali digunakan untuk bahan rujak atau petis buah. Seiring dengan semakin banyak dikenalnya tanaman dengan beragam khasiatnya ini, banyak chef di berbagai daerah melirik bumbu segar ini karena rasa dan aromanya yang unik.

Bunga kecombrang atau honje
Di banyak masyarakat Sunda di Jawa Barat, kecombrang dijadikan bahan lalapan atau diseupan (dikukus) atau direbus untuk disantap dengan sambal terasi. Atau di daerah Jawa Tengah katanya kecombrang diolah sebagai campuran urap ataupun pecel.

Biasanya ketika tanaman ini dimanfaatkan untuk masakan maka yang digunakan adalah bunga kecombrang yang masih berupa kuncup. Kenapa demikian? karena wangi dan aromanya masih terjaga berbeda dengan bunga kecombrang yang sudah merekah aromanya sedikit berkurang.

Dari segi pemanfaatan khasiatnya untuk kesehatan, banyak pula orang meyakini bahwa kecombrang memiliki banyak khasiat yang dapat membuat badan sehat.

Tidak aneh juga sebenarnya karena dari beberapa sumber diketahui bahwa kecombrang ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang beragam diantaranya Bunga kecombrang memiliki berbagai mineral penting seperti kalsium, magnesium, zat fosfor, potassium, zat besi dan zinc.

Beberapa khasiat dari kecombrang, diantaranya:

#Menyembuhkan Batuk 
Batuk menjadi salahsatu penyakit yang dapat dibantu penyembuhannya dengan kecombrang, adapun caranya adalah dengan membakar bagian batang kecobrang yang tua, lalu kulit luarnya dikupas, ditumbuk halus, lalu diperas airnya untuk diminum. Jika kurang suka dengan aromanya, campurkan dulu air perasannya dengan air putih dan gula merah.

#Kaya Antioksidan 
Konon bunga dan batang kecombrang memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal kerusakan sel dalam tubuh, kemudian juga memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pertumbuhan berbagai bakteri jahat. Tidak aneh kenapa dari dulu orangtua saya sendiri sering mengkonsumsi kecombrang dengan beragam cara, ternyata memang khasiatnya sangat banyak.

#Penambah Nafsu Makan
Kecombrang memiliki aroma yang kuat juga terasa segar ketika menghirupnya sehingga menyebabkan nafsu makan bertambah baik.

#Penghilang Bau Badan
Nah ini nih, bagi yang memiliki masalah dengan badannya yang mengeluarkan bau kurang sedap apalagi setelah banyak keluar keringat karena aktifitas yang dinamis, boleh dicoba untuk mengkonsumsi masakan yang menggunakan kecombrang sebagai salahsatu bahannya. Kecombrang diketahui mengandung zat aktif seperti flavonida, saponin, dan polifenol yang efektif hilangkan bau kurang sedap dari badan.

#Mengurangi Mual dan Kram
Buat bapak-bapak dan Om Om yang istri tercintah sedang dalam masa "palang merah" yang biasanya sering dibarengi dengan efek mual dan kram perut, boleh dicoba disarankan untuk memanfaatkan khasiat dari tanaman ini. Dari beberapa cerita di warga perkampungan, mengkonsumsi tanaman ini dapat mengurangi rasa mual dan kram perut saat menstruasi.

#Menahan Rasa Lapar
Untuk orang yang memiliki hobi untuk hiking atau mendaki gunung, tanaman ini dapat menjadi salahsatu survival food list yang wajib diketahui kegunaannya. Bagian dari tanaman ini yang dapat dikonsumsi secara langsung adalah bunga baik yang sudah mekar atau pun masih kuncup, juga bagian dalam dari batang yang masih lembut. Selain itu mengkonsumsi tanaman ini dapat membantu menghangatkan perut juga karena memang ada sedikit rasa hangat di lidah ketika mengkonsumsi kecombrang. Jika kekurangan makanan di hutan, cocok untuk membantu bertahan dari kondisi kekurangan asupan nutrisi. Tapi amit-amit juga kalau harus tersesat di dalam hutan. But, who know...

Itulah beberapa khasiat dan manfaat dari kecombrang atau honje, semoga bermanfaat.

Setelah nulis ini, langsung teringat dengan rujak petis buah, panas-panas gini emang enaknya yang seger-seger gitu kaya gambar dibawah ini.

Share:

7 komentar:

  1. aku juga termasuk yang menggunakan kecombrang ini buat lalapan dan campuran sambal terasi hehehe. kalo nggak pake kecombrang rasanya kurang wangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya kalau udah tambah rempah ini makan jadi banyak :-D

      Hapus
  2. Wah sayang sekali aku belum pernah liat ada tumbuhan itu di kmpungku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah? Iyakah? Biasanya ini tumbuh begitu mudah tapi sayangnya memang kalau dibiarkan mpenyebarannya begitu cepat

      Hapus
  3. Bunganya cantik begitu ya, Kak. Belum pernah sih mengonsumsinya, karena bunga ini juga jarang terlihat di Ende ahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ini tumbuh di daerah yang cukup basah, kalau di daerah yang panas agak susah tumbuh ya

      Hapus
  4. Bikin asinan pake bumbu ini pasti makin segarr 😀

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (17) Stories (16) opini (14) Teknologi (13) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger