Tips Agar Semangat Kerja Pasca Libur Akhir Tahun

Libur akhir tahun tidak terasa telah berlalu, cuti bersama sudah dilewati dengan beragam kegiatan bersama keluarga dan sahabat. Kembali lagi ke aktivitas rutin keseharian mendulang isi kantong 💸 agar tetap stabil tanpa kekhawatiran.

Selesai libur dan cuti tidak jarang ada rasa kurang dalam waktu libur yang sudah dijalani dan terkadang terdapat sisa-sisa malas yang menggelayuti. Kebiasaan berleha-leha di pagi hari selama beberapa minggu berubah menjadi aktifitas yang berpacu dengan dentangan jam mendorong disiplin waktu untuk selalu ontime.

Heuuuuh, rasanya badan ini belum cukup liburan, ya udah lanjut di beberapa tanggal merah di depan, :-)

Beberapa tips ga penting yang bisa sedikit menumbuhkan semangat kerja di awal tahun ini, yuk geser bawah...👇

#1 Menyusun Rencana Kerja 📝
Di hari pertama masuk kerja, biasanya langsung dihadapkan pada brief awal tahun oleh pimpinan, mencakup perencanaan dan permintaan rencana kerja masing-masing divisi dan bidang. Alangkah baiknya agar rancangan kerja kasar telah disusun beberapa hari sebelum masuk hari pertama kerja, jadi nanti tinggal mengembangkan saja untuk mempermudah penyusunan rencana kerja agar lebih spesifik/detail. Tentukan bagian pekerjaan mana yang sifatnya harus menjadi prioritas, dengan begitu kita memiliki rencana kerja yang sistematis dan terencana.

#2 Tidak Menunda Pekerjaan ⌚
Seringkali di awal tahun merasa alokasi waktu begitu banyak tersedia, padahal tidak. Selalu jadikan pengalaman di tahun yang sudah dilewati sebagai bahan untuk memperbaiki kualitas kerja di tahun yang akan dijalani. Mengerjakan pekerjaan dengan sesegera mungkin adalah solusi terbaik, jangan menunda-nunda, kalau sudah numpuk bahaya!
 
#3 Cintai Pekerjaan 💖
Mencintai pekerjaan yang digeluti dan menjadikannya sebagai hal yang menyenangkan adalah salahsatu kunci agar semangat kerja betah berlama-lama ada dalam diri kita. Jangan ada keterpaksaan dalam mengerjakan sesuatu, apalagi ngedumel dan selalu menyalahkan oranglain atas kesulitan pekerjaan.
 
#4 Menata Ruang Kerja 💺
Memberikan sentuhan baru di ruangan dan meja kerja agar memberikan kenyamanan dan meningkatkan produktivitas kerja dengan ubahan minimalis berbudget rendah mungkin dapat kita lakukan. Mengubah warna dinding, desain dan tata letak mebelair, tambahan asesoris/pemanis di sudut ruangan mungkin bisa menjadi pilihan. Jika ruang tersebut adalah ruangan yang digunakan oleh beberapa orang, itu lebih bagus, karena proses mengubah suasana ruangan akan lebih mudah karena banyak orang terlibat. Jika warna dinding selama ini monoton, cobalah dengan warna-warna yang memberikan kesan enerjik dengan warna-warna terang.

#5 "Mengasah Senjata" 💾
Dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan, selalu ada "senjata" yang menjadi sahabat sejati untuk memuluskan pekerjaan agar dapat diselesaikan. Petani dengan cangkul dan parangnya, programmer dengan komputernya, driver angkutan online dengan kendaraan bermotor dan gadgetnya, dan masih banyak lainnya. Pastikan "senjata" yang kita miliki sudah dalam performa yang baik dan layak pakai. Jika memiliki kendala, segera "asah" dengan memanfaatkan waktu libur, tidak perlu oleh sendiri, cukup titipkan pada ahli yang bisa memperbaikinya, atau kalau memungkinkan bisa saja menggantinya dengan unit baru.

#6 Cintai Keluarga 👪
Ini nih, amunisi paling penting dalam menjalani pekerjaan, apapun bentuk pekerjaannya. Menjadikan keluarga sebagai prioritas adalah hal yang paling penting. Menjadikan pekerjaan sebagai ibadah dan  lahan pahala dalam setiap langkahnya. Ada banyak motivasi tercipta semenjak kita bangun di pagi hari. Perencanaan keuangan keluarga untuk dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang menjadi booster yang dijamin ampuh.

#7 Bikin Target Pencapaian 🎯
Menentukan target pencapaian yang ingin didapatkan sebagai resolusi di tahun ini. Bisa saja ingin membangun atau menambah properti, pergi travelling ke destinasi wisata impian [Baca juga: Piknik Adalah Pemborosan, Benarkah?] menabung untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, memiliki kendaraan baru, memberangkatkan keluarga tercinta ke Tanah Suci atau mungkin ada yang berniat melepas masa lajang di akhir tahun tentunya itu butuh biaya yang lumayan, baik dalam pelaksanaannya atau biaya pemenuhan kebutuhan setelahnya.

Demikian beberapa tips untuk membangkitkan semangat kerja di awal tahun pasca liburan. Ga usah dari hal-hal besar, cukup dari yang sederhana namun imbasnya terasa dalam keseharian. Selalu optimis dan berpegang pada tujuan. Yang paling penting, cintai pekerjaan apapun pekerjaannya.

Pasti masih banyak tips yang lebih ampuh buat membangkitkan semangat kerja, share di kolom komen ya...
Share:

1 komentar:

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (14) opini (14) Stories (13) edukasi (12) Teknologi (10) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger