Suka Olahraga Berlebih? Ketahui Dampak Negatifnya!

Menyukai olahraga dan menjadikannya bagian dari keseharian memang sangat bagus. Olahraga sendiri membuat badan sehat dan bugar, terlebih dengan banyak variasi olahraga baik itu merupakan olahraga sebatas hobi atau memang menjadi pekerjaan seperti atlit. 

Mengingat betapa pentingnya olahraga, banyak orang menjadikannya sebagai kebutuhan untuk menjaga agar tubuhnya tetap fit. Durasinya pun beragam, untuk yang untuk sekedar hobi, mungkin durasinya disesuaikan dengan waktu yang tersedia karena memiliki profesi yang menyita waktu siangnya dan melaksanakan olahraga di malam hari, terlebih di perkotaan yang dapat dengan bebas dilakukan meski pada malam hari karena fasilitas yang memadai.

Namun jangan salah, di satu sisi olahraga merupakan hal yang baik bagi kesehatan namun akan berubah menjadi hal yang membahayakan bagi tubuh ketika berolahraga dalam porsi berlebihan.

Setidaknya beberapa akibat di bawah ini akan kita dapatkan ketika melakukan olahraga secara berlebihan, diantaranya:

Cedera
Setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda, namun dipastikan memiliki keterbatasan. Olahraga yang dilakukan secara berlebihan membuatnya lebih berpeluang untuk cedera mulai dari cedera ringan misalnya salah urat, keseleo atau yang lebih berat seperti patah tulang dan gangguan kinerja jantung/gagal jantung.

Pekerjaan Terganggu
Bagi orang yang memiliki jam kerja yang sangat padat akan tetapi suka melakukan olahraga yang menyita banyak waktu tentu akan membuat masalah rumit. Di satu sisi harus bekerja dalam waktu yang sudah ditentukan di sisi lain tidak dapat membatasi diri dalam berolahraga sehingga acapkali aktivitas kerja terganggu karena keterlambatan bangun pagi setelah malam harinya berolahraga yang mengakibatkan badan begitu lelah.

Daya Tahan Tubuh Menurun
Berolahraga dengan porsi yang pas membuat seseorang memiliki tubuh yang sehat dan bugar, namun akan berbalik membuat tubuh melemah ketika olahraga terlalu banyak menyita waktu tidur. Masuk angin, sakit kepala adalah efek ringan ketika badan kekurangan waktu istirahatnya.

Gangguan Hubungan Komunikasi
Banyak menghabiskan waktu dengan berolahraga tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Lebih lagi jika lokasi gelanggang olahraga yang jauh membuat hubungan komunikasi dengan keluarga berkurang. Setelah tersita oleh pekerjaan, ditambah dengan aktivitas olahraga membuat komunikasi dengan keluarga hanya memiliki sedikit waktu, kasian dong yang mau berbagi cerita tidak memiliki waktu yang banyak.


Itulah beberapa hal negatif yang akan kamu dapatkan ketika melakukan olahraga dengan porsi waktu dan beban yang berlebih, jadi akan lebih bijak ketika olahraga dilakukan dengan porsi yang tepat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (14) opini (12) Stories (11) edukasi (11) Teknologi (6) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"