Makanan Penuh Nutrisi Bagi Yang Suka Berolahraga

Di Indonesia, sepakbola merupakan cabang olahraga yang paling banyak digemari oleh masyarakat.  Permainan ini menghabiskan energi yang cukup tinggi sehingga sepertinya akan setara dengan  kebutuhan energi bagi para pekerja berat. Gerakan lari, menendang, meloncat dan lari cepat merupakan gerakan dasar yang dilakukan selama 90 menit pertandingan.

Kebugaran tubuh adalah keutamaan bagi pemain sepakbola, meliputi kekuatan (strength), daya ledak otot (muscle explosive power), kecepatan (fast moving) dan kelincahan (agility). Kemampuan otot untuk melakukan kontraksi otot dengan sangat cepat sangat dipengaruhi oleh kekuatan otot. keseimbangan tubuh dan ketrampilan yang tinggi. dibutuhkan untuk kelincahan seorang pemain sepakbola untuk bergerak cepat dan merubah posisi secara tepat.

Selain itu, permainan ini membutuhkan daya tahan jantung dan paru yang menggambarkan kapasitas untuk melakukan aktivitas secara terus menerus dalam waktu lama tanpa mengalami kelelahan yang signifikan. 


 Baca juga yuk : Cedera Yang Sering Dialami Oleh Penyuka Olahraga
Kebutuhan gizi atlet sepakbola pada dasarnya adalah sama dengan orang biasa yaitu menganut prinsip gizi seimbang yang mengandung cukup karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, air dan serat.

Seorang atlet sepakbola harus memperhatikan kondisi fisik dan mental agar dapat selalu tampil secara prima dalam setiap pertandingan. Makanan yang memenuhi gizi seimbang memegang peranan penting agar atlet dalam kondisi sehat dan berprestasi. Seorang atlet yang mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang secara terencana akan berada pada status gizi baik.

Berikut adalah beberapa makanan penuh nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang sering berolahraga berat, diantaranya:

📌 Susu Coklat
Meminum susu coklat setelah olahraga dapat meningkatkan energi dalam tubuh karena kandungan gula yang dapat diubah menjadi kalori serta mampu memberikan nutrisi bagi tubuh, karena susu coklat mengandung kalsium yang baik untuk meningkatkan kesehatan tulang pada tubuh kita.

📌 Ayam 
Daging ayam menjadi rekomendasi karena mengandung zat selenium sebagai sarana mengurangi resiko radang sendi. Pilihlah bagian daging yang minim kandungan lemaknya atau dapat dikurangi kadar lemaknya melalui proses masak yang benar. 

📌 Sayuran
Jenis sayuran hijau dan orange adalah pilihan terbaik, sehingga mengkonsumsi sayur adalah kebutuhan meskipun tidak sedang dalam masa aktif berolahraga.

📌 Ikan
Semisal ikan Salmon yang mengandung lemak Omega-3 dan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh dan menjaga kesehatan otak.

📌 Telur
mengkonsumsi telur sangat baik bagi pembentukan otot, namun disarankan mengkonsumsi putih telur saja karena kuning telur tinggi akan kolestrol yang terkandung di dalamnya.

📌 Buah-buahan
Buah-buahan yang segar selain menyegarkan juga menyediakan gula alami yang sangat baik untuk mengganti energi yang telah hilang, contohnya adalah pisang.

📌 Kacang-kacangan
Kenapa kacang masuk dalam daftar makanan rekomendasi? karena kacang memiliki protein dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (17) Stories (16) Teknologi (15) opini (14) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger