Khasiat dan Efek Buruk Air Kelapa

Khasiat air kelapa dan efek buruknya
Air kelapa itu selain rasanya yang enak juga bisa memberikan banyak manfaat, salahsatunya adalah kesehatan ginjal. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan serat, vitamin B1, vitamin N7, vitamin C, kalium, natrium, magnesium, fosfor, zat besi, tembaga, dan selenium, setidaknya itu yang saya ketahui dari berbagai sumber.

Batu ginjal sendiri terjadi akibat terjadinya ketidakseimbangan cairan tubuh, keasaman urine, serta kadar mineral. Sehingga kondisi ini akhirnya berimbas pada pengkristalan di dalam urine yang tampak seperti batu.
Dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa air kelapa bisa membuat kristal-kristal ini tidak mudah menempel pada ginjal dan saluran kemih sehingga terbuang saat buang air kecil. Ini mengartikan bahwa rajin minum air kelapa memang bisa membantu mencegah datangnya batu ginjal.
Selain itu, air kelapa membantu menurunkan tekanan darah. Diketahui bahwa penderita tekanan darah tinggi lebih rentan mengalami kerusakan pada pembuluh darah ginjal yang tentu akan meningkatkan risiko gagal ginjal. Untuk penderita hipertensi, ditemukan fakta bahwa rutin mengonsumsi air kelapa bisa menurunkan tekanan darah.
Kandungan air kelapa itu sendiri mengandung zat gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan tubuh secara alami. Setidaknya dalam 30 ml air kelapa mengandung 5,5 kalori dan 1,5 gram gula.

Air kelapa juga membantu memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Tiap 30 ml air kelapa juga mengandung 60 mg kalium dan 5,5 mg natrium. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor.

Kemudian, air kelapa juga memiliki sifat antioksidan, yang mampu mengatasi racun-racun dan zat radikal bebas yang masuk untuk merusak tubuh.

Konon katanya ada kemungkinan manfaat air kelapa dapat menurunkan risiko penyakit jantung, karena dapat menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida.

Namun demikian, pengkonsumsian air kelapa secara berlebihan apalagi untuk orang yang akan melakukan operasi, karena air kelapa memiliki sifat menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengganggu proses operasi dan pasca operasi.

Belum lagi air kelapa dapat menyebabkan hiperkalemia pada tubuh yaitu kondisi di mana kadar kalium pada darah lebih tinggi dari kadar normal. Terlalu banyak kalium dalam tubuh dapat menyebabkan terganggunya aktivitas listrik di dalam jantung yang ditandai dengan melambatnya detak jantung. Bahkan pada kasus hiperkalemia berat, jantung dapat berhenti berdetak dan menyebabkan kematian.

Meskipun menyukai air kelapa, namun alangkah lebih baik jika dikonsumsi dengan takaran yang normal, dua hari sekali sudah cukup jika memang ingin mengkonsumsinya secara rutin.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (17) Stories (16) Teknologi (15) opini (14) edukasi (12) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger