Duta SO7, Eksis Dalam Karya Legendaris


Pagi-pagi udah sedikit mumet inget ke sisa-sisa pekerjaan yang tak kunjung usai. Aneh beberapa hari ini susah sekali untuk menyelesaikan. Padahal kalo difikir-fikir tinggal ngisi-ngisi form aja sebenarnya. Tapi kalau sudah datang rasa malas rasanya mudah datangnya susah perginya, haha dasar pemalas.

Lirik ke penunjuk waktu di dinding waktu menunjukan 05.32, ada waktu lumayan nih buat buka blog. Nambah-nambah beberapa kata di beberapa draft tulisan. Draft ngantri tapi belum satupun selesai, jadi ga bisa klik tombol "publikasikan", hadeuuuh.

Kopi pagi seduhan cantikku udah ada disamping laptop, aromanya yang khas membuat suasana jadi enak. Kebanyakan pagi sebenarnya kopi jarang habis 1 gelas, paling habis setengahnya karena yang dinikmati selain itu adalah aromanya, entah kenapa aroma kopi serasa jadi syarat pelengkap pagi, pecandu bukan ya?
Paginya segar, kopinya ada, ketak-ketik lanjut. 

Masih ada yang kurang, apa coba ?

Betul, musik.

Musik jadi salahsatu pelengkap kalau sudah manteng lama-lama di depan laptop. 

Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan saya. Rasanya tanpa musik sama seperti masakan tanpa diberi bumbu. Saking mempengaruhi dunia dan kehidupan, musik juga dapat menjadi solusi dalam berbagai masalah sehari-hari.

Klik-klik buka folder menyasar ke folder lagu-lagu koleksi. Tidak banyak tapi sudah cukup lama jadi koleksi. Tekan Ctrl + A lanjut klik "Play All", naaah asyik nih, musik mengalun menemani pagi ini.

Membicarakan musik, erat sekali kaitannya dengan pemusik dan penyanyi. Setiap orang memiliki jenis musik dan penyanyi favorit yang berbeda.

Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan zaman, banyak penyanyi sekaligus pemusik yang dijumpai dengan beragam karyanya. Banyak yang datang terkenal sebentar lalu menghilang. Hanya sedikit yang bertahan dan terus berkarya, menginspirasi dan menghibur penggemar dengan lagu-lagunya.

Terlahir di tahun 90-an, di pedesaan pula. Membuat saya tidak terlalu up to date dengan perjalanan dan perkembangan musik. Namun ada beberapa penyanyi yang lagu-lagunya menjadi koleksi di playlist pribadi untuk sesekali diputar menemani keseharian.

Kalau bagi sebagian orang menyukai genre musik hanya satu dua saja sehingga sering dibilang penggemar fanatik. Maka saya bingung sendiri kalau membicarakan fanatisme dalam menggemari penyanyi beserta genre musiknya. Semua tergantung mood, kalau sedang ingin mendengarkan musik santai saya putar lagu yang ritmenya woles, kalau sedang ingin mendengarkan lagu yang ngebeat saya dengarkan lagu yang ritmenya kenceng. Intinya jadi penikmat segala genre musik, mulai dari tradisional hingga ke lagu-lagu yang dinyanyikan para legendaris dari negeri Mamang (Paman) Sam, meskipun sering membawa kesedihan ketika mendengarkannya karena banyak ga ngerti ketimbang ngerti liriknya, karunya teuing, haha.

Karena saya adalah penyuka hampir segala musik dengan penyanyinya yang terdiri dari bermacam aliran, ada beberapa nama penyanyi yang salahsatunya sedikit saya akan ulas.

Kuy geser bawah....

Sheila On 7
Grup band yang setidaknya telah mengeluarkan lebih dari 10 album dalam kiprahnya di dunia musik sejak berdiri sejak 1996 menjadi grup musik dengan penyanyi dan pemusik idola saya selama ini. Hingga saat ini Duta tetap eksis berkarya dan selalu menyajikan penampilan terbaik bersama Sheila On 7 untuk para penggemarnya. Sejak didirikan, grup ini telah memiliki beberapa lagu-lagu orisinal karya mereka sendiri dan lagu-lagunya memiliki kenangan di hati penggemarnya masing-masing. Tak heran jika Duta dengan Sheila On 7 selalu dinantikan penampilannya di panggung. Termasuk pada konsernya yang diadakan di Balai Sarbini Jakarta dengan temanya "Sebuah Kisah Klasik" mampu membius penonton dengan performance terbaiknya.

Secara pribadi, Duta SO7 menjadi salahsatu musisi legendaris yang difavoritkan karena karyanya yang luar biasa, pribadinya yang selalu low profile, ramah kepada penggemar serta kharismatik. Bahkan di beberapa kesempatan tak jarang dia "konser" di gelaran hajatan. Buat artis selevel Duta rasanya jarang sih.

Kalau diingat-ingat awalnya suka dengan lagu-lagunya Duta di Sheila On 7 itu karena saya sering mendengar dari radio, maklumlah di kampung radio aja jadi barang mewah. Tidak setiap rumah memiliki radio sebagai media hiburan. Saya sendiri menjumpai radio itu di rumahnya Paman,:-D

Seniman musik yang akrab disapa Duta ini bernama lengkap Akhdiyat Duta Modjo. Usut punya usut memiliki garis keturunan salahsatu pahlawan Indonesia di zaman penjajahan Belanda. Ada mirip-miripnya juga kalau melihat foto Duta dengan Kiai Madja/Modjo. Cek aja, hihi.

Lahir di Kentucky, Amerika Serikat pada 30 April 1980, tidak menjadikan si akang ini menjadi betah atau mau bertempat tinggal disana. Dia mah cinta Indonesia, lebih betah dengan Jogja, kota yang selalu bikin kangen bagi yang sudah pernah datang jalan-jalan kesana. Aduh jadi keingetan rencana akhir tahun punya keinginan berkunjung lagi kesana.

Dari seringnya dengar di radio, beranjak ke VCD player, dapat kepingan CD pertama itu pemberian Paman juga, ya boleh dikatakan tau lagu-lagu Sheila On 7 dari sana. Sekarang-sekarang mah, nambah koleksi lagu gampang tinggal donlot-donlot aja, banyaaak.

Lagu-lagunya sendiri banyak jenisnya, dari yang melow sampai yang bikin semangat kembali kalau mood lagi melehooooy.

D i a n t a r a n y a  ....
atau ini...
atau ini...
atau yang terbaru ini nih...

Gimana? ada yang mengidolakan ini juga? Kalau iya, kita sama'an nih. Kita ? Iya... Kita. Haha

Sayangnya meski selalu ingin hadir dalam konser live si abang ini belum juga kesampaian sampai detik ini, entah kapan bisa.

Kemarin aja pas ada konser Kisah Klasik cuma bisa mungutin videonya di Youtube aja, hadeuh memprihatinkan pisan.


Teman-teman adakah yang hadir di waktu konser di Balai Sarbini pada September lalu? Pasti menyenangkan ya.

Share juga dong, kesan-kesannya tentang musisi atau grup band ini, yuk diantos pisan...
Share:

Git Agusti

Git Agusti
Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Ngakunya Blogger | Blogger Cianjur | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Just Writing | Review Everything | Random Writer |

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Ayah Blogger

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"