Mengenal Okulasi Pada Tanaman

Batang pohon jeruk dalam proses okulasi
Source : https://www.youtubedotcom/watch?v=V0V8y1r75iw
Okulasi adalah salah satu teknik untuk meningkatkan mutu tanaman dengan cara menempelkan bagian kulit pohon yang memiliki mata tunas dari pohon atas pada irisan di bagian batang pohon bawah.
Tekhnik penggabungan ini dimaksudkan untuk menghasilkan tanaman baru dengan memanfaatkan kualitas unggul dari kedua pohon yang dijadikan induk. Pohon atas adalah tanaman dengan hasil buah yang baik sedangkan pohon bawah adalah tanaman dengan akar yang kuat. Okulasi dapat dilakukan pada 2 varietas tanaman yang masih satu jenis.
Pada penerapannya, tekhnik okulasi biasanya dilakukan pada tanaman buah yang cukup dikenal di masyarakat dan menjadi konsumsi sehari-hari misalnya tanaman buah mangga, tanaman buah apel,tanaman buah alpukat, tanaman buah rambutan dan tanaman buah durian.

Budidaya tanaman menggunakan cara okulasi merupakan perbanyakan dengan cara menempelkan batang yang memiliki mata tunas yang diambil dengan sedikit kulitnya dengan hati-hati dari cabang pohon induk ke batang bawah yang telah disayat kulitnya untuk dijadikan pokok batang bawah.

Pemilihan batang bawah dipilih harus memperhatikan beberapa faktor sebagai syarat yang harus dipenuhi misalnya yaitu memiliki pertumbuhan yang sehat dengan diameter minimal batang 6-8 mm.

Budidaya tanaman dengan cara okulasi banyak dilakukan dalam perkebunan skala menengah dan besar karena cara ini sering dilakukan pada perbanyakan dalam skala besar. Perbanyakan dengan cara okulasi memiliki kelebihan dan kekurangan.

Beberapa kelebihan dari perbanyakan tanaman dengan cara okulasi yaitu diperoleh tanaman dengan produktivitas tinggi, pertumbuhan tanaman yang seragam, dan penyiapan benih yang relatif singkat. Kemudian kekurangan dari perbanyakan tanaman dengan cara okulasi yaitu dalam perlakuannya memerlukan tanaga ahli yang benar-benar mengetahui teknik okulasi, karena jika salah sedikit perlakuannya maka perbanyakan tidak berhasil.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan untuk meninggalkan jejak dengan komentar...

Tentang Saya

Git Agusti

Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Blogger Cianjur | Buzzer | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Random Writer | ...Read More

Ikuti Saya Melalui Email

Label

Jalan-Jalan (14) opini (14) Stories (13) edukasi (12) Teknologi (10) Report (2)

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Komentar Terbaru

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"

Git Agusti | Lifestyle Blogger