Usulan Pengangkatan 100 Ribu Guru CPNS Disetujui Menpan RB

Usulan Pengangkatan 100 Ribu Guru CPNS Disetujui Menpan RB
Guru, pahlawan tanpa tanda jasa yang kesejahteraannya sering diacuhkan oleh Pemerintah wajib bersyukur karena ada kabar baik terkait pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2018.
Melalui laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan https://www.kemdikbud.go.id Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menyatakan sudah mendapatkan sinyal persetujuan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) terkait usulan pengangkatan 100 ribu guru baru. Adapun proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) guru sepenuhnya menjadi kewenangan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).
Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menegaskan bahwa penentuan proporsi guru yang diangkat baik dari kalangan honorer maupun kategori guru CPNS jalur umum, bukanlah kewenangannya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hanya akan menyampaikan kriteria-kriterianya sesuai kebutuhan.
“Jadi 100 ribu itu tidak musti dari honorer semua ya, walaupun honorer tetap akan diprioritaskan untuk mengikuti seleksi,” jelas Mendikbud sekaligus meluruskan isu yang beredar tentang pengangkatan khusus guru honorer.
Setidaknya saat ini paling tidak dibutuhkan 736 ribu guru PNS baru di seluruh wilayah Indonesia. Kebutuhan tersebut untuk mengganti guru-guru yang memasuki masa pensiun, maupun penempatan di sekolah-sekolah baru, dan sekolah-sekolah di daerah khusus.
Penambahannya dilakukan bertahap setiap tahun mulai tahun ini (2018) dengan jumlah kuota yang signifikan setelah beberapa tahun ditetapkan moratorium pengangkatan guru PNS.
Mengingat telah lamanya nasib honorer yang terombang-ambing tidak menentu akan mendapatkan titik terang. Harapannya adalah bahwa pengangkatan guru honorer menjadi PNS tidak mendapat pengecualian semuanya diangkat karena telah memiliki masa kerja dan penempatan di sekolah masing-masing. 
Adapun prosedur pengangkatan harus dilakukan dengan seleksi administrasi yang sangat ketat mengingat potensi rekayasa data yang selalu memiliki celah oleh oknum-oknum tertentu. 
Pengangkatan guru PNS juga dimungkinkan harus memberikan kesempatan bagi pelamar umum agar sama-sama memiliki ruang untuk berbakti karena semua memiliki hak yang sama dalam hal ini.
Semoga berita ini bukanlah angin surga yang dihembuskan sesaat hanya untuk menghibur para pengabdi di dunia pendidikan apalagi jika hal ini dikaitkan dengan perhelatan pesta demokrasi di tahun 2019.
Share:

Git Agusti

Git Agusti
Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Ngakunya Blogger | Blogger Cianjur | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Just Writing | Review Everything | Random Writer |

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Ayah Blogger

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"