Lingsir Wengi, Benarkah Ini Lagu Pemanggil Makhluk Gaib?

Ada yang sudah pernah menyaksikan film horror Indonesia yang berjudul "Kuntilanak" atau "The Doll 2"?
Jika anda sudah menonton salahsatu atau kedua film horror tersebut maka akan familiar dengan sebuah kidung atau lagu yang senantiasa mengiringi detik-detik perjalanan dari awal hingga akhir film-film tersebut.
Gambar hanya sebagai ilustrasi
Sumber : http://www.berbagaireviews.com
LINGSIR WENGI...

Ya, Lingsir Wengi adalah judul kidung yang menjadi backsound dalam film yang dibintangi oleh seorang artis cantik yang acapkali berperan sebagai sosok yang dingin dan misterius bernama Julie Estelle.
Tapi bukan sosok artis ini yang akan dibahas, melainkan kidung berbalut mitos di sebagian masyarakat kita yang mempercayai bahwa kidung tersebut dapat dijadikan sebagai salahsatu kidung pemanggil hantu kuntilanak.

Lagu ini menjadi terkenal ketika dinyanyikan oleh Samantha (Julie Estelle) dalam sebuah film berjudul "Kuntilanak". Dengan pembawaan lagu yang membuat orang yang mendengarnya akan merasa sedikit merinding, apalagi jika didengarkan dalam keadaan sedang tidak bersama oranglain dan di tempat yang sepi, dijamin akan membuatnya terbawa mimpi, dan mungkin MIMPI BURUK.

Diperkuat oleh film tersebut, kemudian terciptalah beragam pendapat di kalangan masyarakat bahwa lagu tersebut memiliki aura mistis dan negatif. Banyak orang yang memang sejak dahulunya percaya bahwa lagu tersebut bisa dijadikan lagu untuk memanggil makhluk halus.

Hal itu semakin diperkuat dengan adanya cerita yang beredar bahwa ada beberapa orang yang didatangi hantu kuntilanak setelah menyanyikan kidung itu. Hmm, semakin liar saja.

Namun, benarkah lagu ini mengandung aura magis untuk memanggil kuntilanak?.

Jika anda penasaran dengan kidung tersebut, silahkan perhatikan lirik berikut ini:

Lingsir Wengi
  Lingsir wengi
  Sepi durung biso nendro
  Kagodho mring wewayang
  Kang ngreridhu ati
  Kawitane
  Mung sembrono njur kulino
  Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno
  Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi
  Nandang bronto
  Kadung loro
  Sambat-sambat sopo
  Rino wengi
  Sing tak puji ojo lali
  Janjine mugo biso tak ugemi
 
Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini artinya:
Menjelang Tengah Malam
saat menjelang tengah malam
sepi tidak bisa tidur
tergoda bayanganmu
di dalam hatiku
permulaannya
hanya bercanda kemudian terjadi
tidak mengira akan jadi cinta
kalau sudah saatnya akan terjadi pada diriku
menderita sakit cinta(jatuh cinta)
aku harus mengeluh kepada siapa
siang dan malam
yang saya cinta jangan lupakan ku
janjinya kuharap tak diingkari
 Untuk mendengarnya langsung, Git Agusti juga sudah mencarikannya (Sumber tertera) dalam bentuk audio visual, check this out!


Film kuntilanak merupakan awal mula terjadinya kesalahpahaman mengenai makna lagu lingsir wengi. Di dalam film ini, kidung lingsir wengi dijadikan tembang yang dinyanyikan untuk memanggil para kuntilanak. Sehingga masyarakat banyak yang menghubungkan lagu ini dengan hal-hal yang berbau mistik dan gaib.
Dengan kondisi keberagaman masyarakat yang masih kental dengan hal-hal gaib dan mistis dipadukan dengan berbagai sajian informasi yang seringkali ditelan mentah-mentah oleh masyarakat yang terkadang malas untuk teliti dalam mencerna suatu informasi yang berasal dari dunia maya menjadikan mitos seperti ini dengan mudahnya menjadi kepercayaan dan lambat laun menjadi mitos yang salah kaprah.
Padahal sebenarnya menurut beberapa referensi bahwa kidung ini adalah kidung yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga.
Lahir sekitar tahun 1450 SM dengan nama kecil Raden Said. Sunan Kalijaga salah satu wali yang menyebarkan ajaran Islam dengan media budaya jawa. Seperti wayang kulit, seni ukir, gamelan, dan yang lainnya termasuk melalui lagu-lagu ciptaan beliau.

sunan kalijogo pencipta lingsir wengi
Sunan Kalijaga
Lagu Lingsir Wengi merupakan lagu yang memiliki makna penolak mahluk halus, sedangkan lingsir sendiri artinya adalah "terbenam" jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Namun beberapa dari mereka salah mengartikan menjadi pengundang mahkluk halus. Lagu lingsir Wengi diciptakan sebagai penolak bala godaan mahluk halus. Arti dari lagu ini memiliki makna yang baik bertujuan mengingatkan kita pada Tuhan Sang Pencipta Alam. Awal lagu tersebut menceritakan jika kita terbangun pada malam hari dan tidak bisa tidur kembali. Maka ingatlah (beribadahlah) pada Tuhan. pada lagu tersebut juga memiliki makna untuk selalu cinta kepada Tuhan. Berharap Tuhan tidak menghilangkan cinta kita kepada-Nya.

Lalu kenapa di masyarakat sendiri ada penyimpangan dalam memaknai lagu ini?
Salahsatunya adalah perbedaan dalam lirik lagu asli dengan lirik lagu yang dinyanyikan dalam film-film horor sehingga masyarakat mengenal dan menyimpulkan memang lirik lagu tersebut demikian adanya. 
Apa saja perbedaannya?
Lirik lingsir wengi yang dinyanyikan di film horror
Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo Tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet
Bisa kita artikan dalam bahasa Indonesia
Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna
Jangan terbangun dari tidurmu
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut

Nah, di beberapa bagian ada perbedaan yang menjadikan maknanya berubah drastis sehingga memang mengarahkan pemikiran masyarakat ke arah yang tidak seharusnya sebagaimana awalnya lagu Lingsir Wengi tercipta. 

Anyway, mungkin ada beberapa fakta yang salah dalam ulasan bukan horor ini, hanya sebagai pengisi kejenuhan di Kamis sore. Jika mau memperbaiki, I'm waitin' with my pleasure....

Jangan lupa untuk mengecek kembali jendela dan pintu yang mungkin belum sempat dikunci di malam Jum'at ini.
Share:

Git Agusti

Git Agusti
Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Ngakunya Blogger | Blogger Cianjur | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Just Writing | Review Everything | Random Writer |

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Ayah Blogger

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"