Memperingati Hari Pramuka ke-57 di Pasirkuda, Cianjur

www.gitagusti.com
"Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuaan Republik Indonesia.
2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
3. Menepati Dasa Dharma."
Masih ingat dengan satya di atas? Ya! Itu adalah Tri Satya. Janji yang harus dipahami dan diterapkan oleh para anggota Pramuka dalam tatanan kehidupannya sehari-hari. Dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai positif dalam jiwa seorang Pramuka. Pramuka berjanji dengan Tri Satya, dengan sepenuh kehormatannya dan ia selalu berusaha memenuhi janjinya itu demi kehormatannya semata.
Dilanjutkan dengan 10 kewajiban yang tertuang dalam Dasa Darma Pramuka.
Dasa Darma PRAMUKA


Pramuka Itu :



1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa


2. Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia


3. Patriot yang sopan dan ksatria


4. Patuh dan suka bermusyawarah


5. Rela menolong dan tabah


6. Rajin, terampil dan gembira


7. Hemat, cermat dan bersahaja


8. Disiplin, berani dan setia


9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya


10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan
Hari Selasa, 14 Agustus 2018 menjadi hari yang spesial bagi para anggota Gerakan Pramuka di seluruh pelosok nusantara. Kenapa demikian? Karena pada tanggal ini diperingati Hari Pramuka Indonesia. 
Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) memiliki sejarah yang turut berkontribusi dalam perjalanan bangsa. Lahirnya Pramuka di Indonesia turut menyulut berdirinya pergerakan nasional.
Pada tahun 1950-1960 organisasi pembinaan remaja di Indonesia mulai banyak ragamnya. Kemudian karena Presiden Soekarno selaku mandataris MPRS pada 9 Maret 1961 memberikan amanat kepada pimpinan Pandu di Istana Merdeka untuk lebih mengefektifkan organisasi kepanduan tersebut sebagai satu komponen bangsa yang potensial.
Oleh karena itu beliau menyatakan pembubaran segala organisasi kepanduan di Indonesia dan meleburnya menjadi suatu organisasi gerakan pendidikan kepanduan tunggal bernama PRAMUKA. Tugas gerakan ini melaksanakan pendidikan kepanduan kepada anak-anak dan pemuda Indonesia.

Di setiap tanggal 14 Agustus dilaksanakan upacara oleh seluruh anggota Pramuka untuk memperingatinya. Tak terkecuali di Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur hari ini. Bertempat di Lapangan Jagabaya, Desa Kalibaru Kecamatan Pasirkuda. Ratusan Pramuka yang berasal dari tingkatan yang berbeda turut serta dalam upacara tersebut. Mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak dan tingkatan seterusnya yang ada di Kecamatan Pasirkuda.
www.gitagusti.com
Para peserta peringatan Hari Pramuka dari berbagai tingkatan yang begitu bersemangat

Para peserta begitu bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan ini meski cuaca dalam kondisi panas terik. Tetap bertahan dalam barisan yang rapi diatas tanah lapang kering yang berdebu. Warna coklat khas Pramuka menjadi warna dominan hari ini. Dipadukan dengan latar belakang alam sekitar yang menghijau menjadi keindahan tersendiri bagi yang menyaksikannya. 

www.gitagusti.com
Pramuka sudah menjadi salahsatu ciri identitas masyarakat Pasirkuda, terlebih karena Pramuka menjadi kegiatan primadona masyarakat sebagai salahsatu pilihan kegiatan dan organisasi untuk mendidik dan membina karakter para generasi muda yang mengenyam pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga lanjutan. Menjadi salahsatu sarana yang efektif untuk menyalurkan kreatifitas dan bakat para generasi pembangun bangsa di masa yang akan datang. Mengembangkan potensi yang menunggu untuk diasah, memunculkan benih-benih jiwa kepemimpinan para calon pemimpin, serta meneguhkan jiwa-jiwa patriotisme anak bangsa sebagai tonggak pembangun negeri di masa yang akan datang. Maka tidak salah Pramuka menjadi kebanggaan para generasi muda dengan segala manfaat yang dirasakan oleh para anggotanya yang merasa telah dipersatukan oleh Gerakan Pramuka. karena Pramuka dapat menambah rasa percaya diri pada setiap anggota, menambah semangat pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, menyiapkan diri peserta didik dalam mengamalkan Satya dan Darma Pramuka, menumbuhkan dan meningkatkan rasa bangga sebagai Pramuka, memiliki budaya kerja yang melandasi pengabdiannya. Dengan itu Pramuka akan selalu terpacu dan termotivasi dalam berupaya merealisasikan satya pramuka dan mengamalkan darma pramuka dalam kehidupan sehari-hari.
www.gitagusti.com
Jangan lupa wefie biar kekinian, haha

www.gitagusti.com
Foto bersama Kakak-Kakak ganteng

www.gitagusti.com
Tim Paduan Suara yang keren-keren

www.gitagusti.com
Yang bening-bening ga lupa eksiiiiis...
Tim Drum Band Penggalang SMPN 1 Pasirkuda berpartisipasi aktif

www.gitagusti.com
Bersemangat!

Selamat Hari Pramuka Indonesia, Jayalah Pramuka Indonesia.  
SATYAKU KUDARMAKAN, DARMAKU KUBAKTIKAN!
Share:

Git Agusti

Git Agusti
Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Ngakunya Blogger | Blogger Cianjur | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Just Writing | Review Everything | Random Writer |

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Ayah Blogger

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"