Ga Perlu Mahal Untuk Liburan di Akhir Pekan

Ga Perlu Mahal Untuk Liburan di Akhir Pekan
Apakah kita pernah merasakan penat dengan keadaan sekitar?
Mungkin kita bisa liburan sejenak. Tak perlu ke tempat jauh, kita juga bisa melepas penat dengan melakukan travelling sehari. Jadi bisa kembali masuk kerja pada hari Senin tanpa harus bolos kerja dan pada akhirnya dijudesin atasan. Hihi.
Liburan tidak melulu adalah kegiatan berbiaya mahal yang dapat menguras kantong. Liburan memang suatu hal yang diperlukan supaya kita gak stres terutama karena rutinitas pekerjaan sehari-hari. Banyak orang beranggapan liburan itu perlu uang banyak. Kata siapa liburan harus keluar uang banyak dan bikin kantong kering? Ga juga kok.
Jangan jadikan liburan semakin membuat kita stres karena memikirkan faktor biaya perjalanan. Memilih tempat yang dapat dicapai dengan waktu yang relatif dekat serta tiket masuk yang ramah di kantong dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mengisi waktu libur di akhir pekan.
Kebetulan tempat tinggal saya memiliki akses yang terbilang dekat dan dapat dicapai dengan waktu sehari untuk beberapa destinasi wisata lokal baik itu yang ada di wilayah Cianjur maupun Bandung. Hanya saja yang menjadi kendala adalah akses jalan yang belum mulus untuk beberapa titik.
Menggunakan jembatan gantung menuju
Pinisi Resto Glamping Lakeside Ciwidey
Sebelum melakukan kunjungan ke destinasi wisata tujuan alangkah baiknya kita mencari tahu informasi seputar tempat wisata tersebut. Jangan sampai perencanaan keuangan terlalu jauh melenceng dari perkiraan hanya karena kurangnya informasi dan pada akhirnya sepulangnya liburan bukannya senang malah menjadi tambah stres karena kekecewaan. Hal-hal tidak menyenangkan seperti ini bisa diantisipasi dengan bertanya kepada orang yang sudah pernah berkunjung ke sana atau yang lebih gampang adalah dengan browsing di internet. Ini paling mudah kan?.
Lalu, apa saja yang harus diketahui sebelum kita memulai perjalanan wisata ke suatu tempat?
Jarak Tempuh
Jarak tempuh menjadi poin pertama yang harus diperhatikan jika kita ingin melakukan perjalanan wisata singkat apalagi jika waktu yang tersedia misalnya adalah hanya satu hari saja. One day trip memerlukan pertimbangan dan perkiraan jarak tempuh yang benar-benar matang agar kita tidak kemalaman saat perjalanan pulang, apalagi kalau akses jalannya melewati hutan atau tempat-tempat sepi, ngeri-ngeri sedap bikin merinding. Jarak tempuh juga mempengaruhi biaya ongkos perjalanan. Baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Semakin jauh perjalanan semakin besar pula biaya yang dikeluarkan.
Jumlah Keluarga Yang Dibawa
Jumlah keluarga yang dibawa akan banyak mempengaruhi biaya yang dikeluarkan serta waktu yang dihabiskan di perjalanan. Semakin banyak keluarga yang dibawa akan membuat budget akomodasi dan konsumsi meningkat. Jangan lupa juga tentunya tiket yang dibeli juga disesuaikan dengan orang yang masuk ke tempat wisata. Kecuali jika hanya keluarga kecil yang berjumlah 3-4 orang, itu akan mudah diperhitungkan.
Harga Tiket
Sebaiknya cari tahu harga tiket masuk di tempat wisata yang akan dikunjungi. Gali informasi sebanyak-banyaknya agar tidak kaget waktu rogoh kocek di loket pembayaran tiket karena belum tahu harga tiket sebelumnya. Belum lagi banyak tempat wisata yang saat ini sistem tiketnya bermacam-macam dan kadang terkesan memperdaya pengunjung. Kenapa demikian? Karena ada sebagian tempat wisata yang memisahkan antara tiket masuk dengan tiket-tiket wahana yang ada di dalamnya. Alhasil ketika ingin masuk lagi ke wahana-wahana yang ada di dalamnya kita mesti bayar lagi per orang, dan pssssssstttt..... banyak harga tiket wahana yang harganya hampir sebanding dengan harga masuk dan bikin dompet mules. Belum lagi dengan biaya parkir kendaraan yang terpisah. Ditambah dengan biaya transportasi dari pintu masuk ke spot wisatanya. Karena ada beberapa tempat wisata yang memiliki latar luas sehingga pengunjung diharuskan memesan angkutan tertentu untuk mencapai titik wisata yang dituju, dan pastinya bayar lagi, bayar lagi, bayar lagiiii. Bikin greget dan handeu'eul.
Fasilitas di Tempat Wisata
Fasilitas di tempat wisata meliputi sanitasi, sarana ibadah, spot kebutuhan kuliner, dan angkutan (poin ini udah dibahas di atas ya)
Faktor sanitasi harus menjadi pertimbangan mengingat hal tersebut menjadi kebutuhan pokok bagi pengunjung di tempat wisata. Bayangkan saja kita tiba-tiba ingin buang air kecil tapi fasilitas sanitasi tidak banyak tersedia, itu menjengkelkan. 
Ga Perlu Mahal Untuk Liburan di Akhir Pekan
Kemudian untuk spot kuliner menjadi hal yang harus difikirkan karena tidak mungkin berwisata sambil menahan lapar karena sulitnya tempat untuk membeli makanan dan minuman. 
Cuaca
Perkiraan cuaca dan keadaan alamnya menjadi hal yang wajib diketahui. Kenapa demikian? Karena di beberapa tempat wisata yang memiliki cuaca ekstrim entah itu panas terik atau hujan deras. Karena beberapa alat bisa dipersiapkan dari rumah sehingga tidak perlu membeli atau menyewanya di tempat wisata. Ya tahu sendiri gimana harga yang ditawarkan kadang sering bikin kening berkerut, hihi.
Ramah Anak
Ga Perlu Mahal Untuk Liburan di Akhir Pekan
Si Kecil begitu senang ketika bermain di Taman Kelinci
One Day Trip dengan membawa si kecil sering saya lakukan karena memang hampir setiap berkunjung ke tempat wisata si kecil selalu saya bawa. Di beberapa tempat wisata yang saya kunjungi acapkali terkesan kurang ramah anak. Zona bermain anak yang bervariatif seringkali menjadi pertimbangan saya sebelum berkunjung ke tempat tersebut. Sarana bermain anak di tempat wisata yang edukatif menjadi nilai tambahan tersendiri.
Itulah beberapa tips sebelum melakukan perjalanan wisata pendek bersama keluarga. Jangan lupa inti dari berwisata sendiri adalah untuk merefresh fikiran agar kembali fit saat memulai aktifitas kerja serta memberikan waktu bersama keluarga di tempat yang menarik dan berkesan.
Share:

Git Agusti

Git Agusti
Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Ngakunya Blogger | Blogger Cianjur | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Just Writing | Review Everything | Random Writer |

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Ayah Blogger

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"