Solusi Mudah Untuk Keyboard Yang Tiba-Tiba Tidak Bisa Mengetik Dan Muncul Properties

Bagi sobat yang memiliki keseharian yang tidak bisa jauh dari yang namanya desktop, laptop, notebook atau sebangsanya, maka akan menjadi masalah yang besar ketika si partner dihadapkan pada kendala baik itu berupa gangguan software atau pun hardware. Yang menjadi masalah lagi adalah ketika kita hanya sebatas hanya tahu menggunakan tanpa memiliki keahlian untuk memperbaiki. Walah-walah itu mah cilaka dua belaaas... haha.
Eh serius dings, itu menjadi masalah besar, banget. Apalagi dengan keadaan hidup di pelosok yang kalau ada masalah yang berhubungan dengan servis servis komputer dan gerombolannya itu mesti pergi jauh bergeser. Bergesernya ga tanggung-tanggung minimal geser pindah kecamatan karena di daerah yang deket belum ada tempat servis yang mumpuni. Bikin males !.
Tiada bukan bukan tiada, hari ini ketiban sial si partner sedikit merajuk. Niatan mau mengerjakan tugas yang nunggu dibereskan maka segeralaha selesai ibadah subuh kita keluarin laptop dari kantong ajaib. “Klik” tombol On/Off dan menyalalah. Menunggu beberapa saat tampilan terlihat normal dengan wallpaper unyu-unyu lucu.
Lanjut tuh jemari menyentuh touchpad dan mengarahkan kursor ke shortcut Ms. Word.
Klik-Klik.
Eh kok ga bisa?
Eh kok malah muncul properties ?
Penasaran dengan hal ini dan khawatir salah pijit diulang lagi dari awal dan hasilnya tetap sama.
MUNCUL PROPERTIES di setiap klik.
Apes bener padahal ini laptop perasaan ga bermasalah tadi malam, masih normal setia menemani.     
Lanjut mencoba membukanya melalui Taskbar dan akhirnya Ms. Word bisa dibuka, alhamdulillah.
Masalah baru muncul ketika mencoba untuk mulai mengetik huruf. Ga muncul satupun huruf, semua huruf dicoba dan tetap tidak muncul. Yang muncul malahan hotkeys.
Muncul lagi kepanikan.
Tapi kerana eh karena laptop cuma ada satu-satunya, notebook ada cuma ga bisa diganggu soalnya lagi dipantengin terus sama mantan pacar yang juga lagi getol banget ngejar target beresin tugas akhir kuliahnya.
Jangankan dipinjam, senggol dikit aja langsung bacok, hihi. (peace, becanda, dia mah baik, suer).
Beruntung ada sisa kuota seluncuran internet dan muncul deh ide buat cari solusi di mbah kita semua, yaitu Mbah Gugel. Punten Mbah punten bantosanna (maaf Mbah maaf bantuannya).
Googlingnya terpaksa dilakukan di gadget berhubung laptop ga bisa ngetik.
Search, search, search. Pada akhirnya dapatlah solusi pertama mengatasi masalah muncul properties.
Ternyata katanya solusinya adalah dengan menekan tombol FN + Alt + W
Ga pake lama ga pake mikir karena pengen cepat sembuh langsunglah ilmu dari Mbah Kesayangan dipraktekan. Belagak kaya hacker tingkat dewa dengan gaya ngetiknya yang cihuy padahal Cuma neken FN + Alt + W.
Tapi kok udah diteken tiga tombol masih ga fungsi itu keyboard hurufnya, masih ga bisa ngetik huruf, masih muncul properties dan hotkeys di Ms. Word dan Ms. Excel.
Lantas apa yang salah? Hmm dimana salahnya? (pegang dagu pose manis)
Trik diatas dicoba lagi beberapa kali dan tetap tidak manjur mengatasi masalah.
Setelah sekian lama berfikir hingga melewati fase bertapa di gunung dan dasar lautan pada akhirnya teringatlah pada satu kemungkinan masalah yang bisa saja menjadi penyebab. Kemungkinan yang jadi penyebabnya adalah salahsatu atau ketiga tombol (FN + Alt + W) tidak berfungsi dengan baik.
Dicobalah untuk memberanikan diri dengan memeriksa tombol tersebut dengan membukanya menggunakan plastik tipis.
Tombol yang dicongkel tersebut dibersihkan dari debu dan bagian karet putih yang nempel ke laptop ditekan-tekan halus untuk mengecek kelenturannya. Setelah dibersihkan maka dipasang lagi seperti semula.
Akhirnya, masalah yang sebelumnya keyboard tidak bisa mengetik, sekarang sudah kembali normal. Begitupun dengan masalah ketika ingin membuka folder atau ikon tertentu yang tadinya muncul properties, now sudah kembali seperti semula. Lancaaaar.
Setelah mengalami hal seperti hari ini, disimpulkan bahwa kemungkinan masalahnya adalah:
-          Tombol pada keyboard kotor/terdapat debu
-          Keyboard rusak
-          Driver keyboard harus instal ulang
-          Laptop rusak, hehe
Karena semuanya sudah kembali baik seperti semula, mari kita lanjutkan pekerjaan yang menunggu diselesaikan.
Thanks buat pemilik laman http://www.tedieka.com ,sebagian solusinya nemu dari sana, semoga kebaikannya dibalas berlipat di kemudian hari.



Share:

Git Agusti

Git Agusti
Hai | Saya adalah Seorang Ayah dari 1 Putri Cantik | Ngakunya Blogger | Blogger Cianjur | Lifestyle Blogger | Parenting Care | Just Writing | Review Everything | Random Writer |

Artikel Terbaru

A Member of

A Member of

Ayah Blogger

Find Me:

  • Facebook : Git Agusti.
  • Twitter : @git_agusti.
  • Instagram : git_agusti.

Kata Mutiara Hari Ini :

"Belajarlah rendah hati, rendahkan hatimu serendah-rendahnya hingga tidak ada seorangpun yang bisa merendahkanmu"